Pekerjaan-Pekerjaan Yang Berkaitan Dengan Sosial Media

Saat ini, media sosial sudah bisa dikatakan sebagai kebutuhan pokok bagi semua orang. Media sosial pun semakin berkembang dan memiliki banyak fungsi sebut saja membangun bisnis. Sehingga tentu saja media sosial kemudian banyak digunakan sebagai lahan mencari uang.

Sebagai milenial yang lekat dengan sosial media, rasanya sangat pas untuk berkarir di dunia sosial media. Saat ini, ada berbagai pekerjaan yang erat kaitannya dengan media sosial. Apa saja pekerjaan tersebut?

1. Social media manager

Social media manager bertanggung jawab atas pekerjaan social media specialist dan kawang-kawannya. Seorang social media manager juga bertanggung jawab dalam mengambil keputusan yang berhubungan dengan sosial media perusahaan sehingga mereka perlu memeriksa setiap konten sebelum diunggah.

Tujuan dari pekerjaan social media manager ialah menumbuhkan audiens di platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Instagram. Agar dapat memenuhi tujuannya, social media manager harus selalu up to date terhadap apa yang sedang tren dan memiliki pemahaman tentang metrik media sosial.

Untuk memperkuat perannya dalam suatu perusahaan, social media manager juga semestinya memiliki banyak keterampilan mulai dari copywriting hingga desain, di samping fokus atau keahlian utama.

2. Desainer grafis

Kamu yang punya keterampilan desain grafis juga memiliki kesempatan untuk berkarier di bidang media sosial. Tanggung jawab seorang desainer grafis adalah mendukung konten di media sosial supaya lebih menarik dan dilirik oleh banyak pengguna media sosial.

Kalau kamu sering melihat infografik atau gambar-gambar lainnya di media sosial, itu semua adalah hasil karya dari desainer grafis. Kunci utama untuk sukses menjadi desainer grafis adalah kemampuan memvisualisasikan tulisan menjadi ilustrasi berbentuk 2D maupun 3D.

 

3. Content writer

Konten dari akun media sosial besar, seperti perusahaan, instansi pemerintah, brand, bahkan influencer kerap diisi oleh seorang yang dikenal sebagai content writer. Dalam pekerjaannya, content writer bertanggung jawab mengisi setiap unggahan.

Kemampuan penting yang seharusnya dimiliki oleh seorang content writer adalah kreativitas dan menulis agar setiap unggahan akun menarik perhatian pengguna media sosial. Seorang content writer juga harus mampu melakukan riset, seperti apa yang sedang tren di media sosial, serta konten apa yang banyak menarik perhatian orang-orang.

 

4. Social media spesialist

Social media spesialist memiliki tanggung jawab merencanakan strategi media sosial untuk suatu brand. Tugasnya melibatkan membangun rencana yang sesuai dengan tujuan perusahaan, menyusun taktik untuk mencapai tujuan tersebut, dan mengoptimalkan saluran media sosial yang berbeda.

Dalam menjalankan tugasnya, social media spesialist bertanggung jawab untuk membuat dan menerbitkan konten di semua platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, untuk menumbuhkan audiens, membangun kesadaran merek, dan meningkatkan penjualan.

5. Community development officer

Pada dasarnya, seorang community development officer memiliki tanggung jawab untuk memperluas jangkauan pasar perusahaan melalui pendekatan komunitas-komunitas tertentu. Cara ini dinilai lebih efisien daripada perusahaan harus mendatangi target pasar secara individual.

Dalam menjalankan tugasnya, community development officer sering memanfaatkan media sosial untuk membentuk kemitraan, berbagi informasi, serta berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait.

Salah satu tugas sehari-hari seorang community development officer yaitu bekerja pada proyek yang menangani isu-isu spesifik, seperti kesehatan masyarakat, transportasi umum, limbah plastik, dan sebagainya


FYI