Mengenal Entry Level Job, Awal Mula Memasuki Dunia Kerja
Entry level job adalah tingkat pekerjaan yang membutuhkan sedikit pengalaman, pelatihan, atau pendidikan sebagai kualifikasinya. Pekerjaan ini tersedia di berbagai industri dan merupakan langkah awal untuk kamu dalam berkarier.
Dengan mengawali karier pada entry level akan memberimu kesempatan dalam mempelajari skill yang dibutuhkan untuk mengembangkan diri dan karier. Skill komunikasi, rasa tanggung jawab, melatih mental, dan kemampuan untuk bekerja dalam tim adalah beberapa hal yang akan kamu pelajari dalam tingkat pekerjaan ini.
Orang-orang yang biasanya melamar ke pekerjaan entry level adalah mereka yang baru lulus kuliah (belum berpengalaman) dan memiliki sedikit pengalaman kerja. Namun, tidak jarang pekerja yang berpengalaman pun melamar pekerjaan ini karena berpindah atau memilih haluan baru dalam kariernya.
Entry level job dengan pengalaman
Terkadang ada perusahaan yang mensyaratkan pelamar posisi ini untuk memiliki 1-2 tahun pengalaman kerja terlebih dahulu.
Bagi pekerjaan tingkat entry level tersebut, perusahaan ingin perannya diisi profesional yang tidak membutuhkan banyak pelatihan dan bimbingan ketika onboarding.
Biasanya, pekerjaan entry level seperti ini ditemukan di bidang bisnis, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
Berikut ini tips agar kamu bisa sukses di tingkat pekerjaan ini.
1. Terima kesempatan untuk belajar
Sebagai seorang pemula, kamu harus menerima dan memanfaatkan seluruh kesempatan yang tersedia untukmu di tempat kerja.
Di entry level job, kamu bisa bertemu, belajar, dan berdiskusi dengan para profesional yang telah memiliki banyak pengalaman dalam bidang yang kamu minati.
Kamu pun harus memerhatikan bagaimana mereka bekerja. Sehingga, kamu tahu hal apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam sebuah perusahaan atau industri.
2. Mengeksplorasi seluruh pilihan karier
Sebagai pekerja entry level, kamu memiliki banyak waktu untuk mengeksplorasi kesempatan karier dalam bidang yang ditekuni. Oleh karena itu, penting untuk belajar setiap aspek dalam bidang yang sedang kamu jalani agar bisa membuat keputusan karier.
Kamu bisa bertanya dan berdiskusi dengan supervisor atau mentor untuk permasalahan kariermu. Nantinya, mereka akan membimbingmu dengan memberi saran dan membantu dalam networking.
Jadinya kamu bisa terhubung dengan profesional lainnya yang berpotensi dalam membantumu mencapai karier impian.
3. Mengambil Inisiatif
Sebagai pekerja entry level, kamu memiliki kesempatan untuk membuat kesan yang baik di depan rekan kerja dan atasanmu.
Dengan mengambil inisiatif dan menunjukkan sikap positif, atasanmu akan lebih mengingat kamu apabila ada kesempatan untuk promosi.
Beberapa cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan tidak malu untuk bertanya, atau meminta feedback dari atasan atas hasil kerjamu.