Cara Membatalkan Interview Secara Baik dan Benar
Pembatalah intervew adalah suatu hal yang cukup seri teradi. Sehingga kamu tidak perlu khawatir terlihat tidak profesional karena membatalkan interview, karena berubah pikiran atau jadwal yang tabrakan adalah hal yang normal.
Yang membuatmu jadi tidak profesional adalah apabila tidak menginformasikan pembatalan dan menghilang begitu saja. Jadi, tak perlu khawatir atau takut untuk menyampaikannya pada rekruter.
Lalu baimana cara membatalkan interview secara baik dan benar? Brikut ulasannya :
1. Beri tahu rekruter secepatnya
Sebaiknya, segera sampaikan pada rekruter bahwa kamu ingin membatalkan interview yang sudah dijadwalkan. Dengan begitu, mereka akan cepat mengetahui bahwa kamu tidak bisa menghadiri wawancara.
Disarankan untuk menginformasikan hal ini beberapa hari sebelum jadwal yang sudah ditentukan. Jangan sampai membatalkan beberpa jam sebelum waktu wawancara, karena ini terlalu mendadak.
2. Sampaikan dengan jelas dan singkat
Membatalkan interview yang paling baik adalah dengan cara yang singkat. Tak perlu bertele-tele atau mengirim email yang panjang untuk menyampaikan tujuanmu.
Akan tetapi, pastikan bahasa yang digunakan tetap sopan, ya.
3. Sertakan jadwal interview dan posisi yang dilamar
Saat menulis email untuk membatalkan interview kerja, tuliskan informasi yang jelas. Beri tahu rekruter tanggal interview yang ingin dibatalkan dan posisi yang kamu lamar.
Hal ini akan mempermudah rekruter untuk mengingat dan menyesuaikan jadwalnya.
4. Berikan alasan pembatalan interview
Sebenarnya kamu boleh tidak menyertakannya jika alasannya memang tidak bisa dijelaskan. Akan tetapi, cara membatalkan interview yang lebih baik adalah dengan menyertakan alasannya juga.
5. Nyatakan permohonan maaf
Meminta maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin telah terjadi akibat pembatalan ini merupakan hal yang penting.
Dengan melakukan ini, kamu bisa menjalin hubungan yang baik dengan rekruter dan perusahaan tersebut.
Contoh cara menyampaikan hal ini ketika membatalkan interview kerja adalah: “Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang telah ditimbulkan oleh hal ini”.