Mengenal Profesi Sales Admin Dan Tugas Yang Dikerjakannya
Tahukah kamu, sales tidak melulu bekerja dilapangan. Salah satu cabang dari profesi sales adalah sales admin. Sales admin adalah profesi yang menangani pengecekan stok, memproses pemesanan, memastikan kebenaran harga jual, dan lain-lain.
Dengan ini, mereka membantu sales representative meraih customer deals. Lalu ap saja tugas dari ales admin? Berikut ini ulasannya :
1. Menjalankan proses pesanan
Misalnya, kamu membeli sebuah kemeja di toko online X. Toko X menawarkan berbagai warna kemeja, namun kamu tak memberi keterangan pilihanmu.
Di sinilah sales admin berperan. Mereka akan mengecek kelengkapan pesananmu, lalu mengontakmu karena ada pilihan warna kemeja yang perlu dipastikan.
Peran mereka tak hanya di dunia toko online, lho. Mereka juga memproses pesanan yang datang dari telepon, email, bahkan staf sales representative sendiri.
2. Meneruskan pesanan ke tim produksi atau gudang
Setelah pesanan masuk, siapa yang bertugas menyampaikannya ke tim produksi atau gudang? Sales admin adalah jawabannya.
Jika dibutuhkan, sales admin juga akan meminta pembuatan invoice kepada tim finance.
3. Pencatatan
Seperti apa demografi konsumen perusahaan A? Berapa usia mereka? Selain itu, seberapa sering mereka membeli produk tertentu?
Semua informasi di atas tentu penting untuk kemajuan bisnis. Nantinya, proses pemasaran atau sales bisa dirancang sesuai dengan demografi para pembeli.
Nah, pencatatan data demografi itu adalah salah satu tugas sales administrator.
4. Administrasi tim sales lainnya
Secara umum administrasi tim penjualan adalah tanggung jawab sales admin. Mereka harus mengecek pengeluaran sales representative, memastikan biaya-biaya lainnya, lalu membuat laporannya.
Setelah memahami tugas sales administrator, apakah kamu merasa pekerjaan ini cocok untukmu? Kalau iya, yuk, segera lamar lowongan kerjanya!