Auto Diterima, 6 Hal Yang Mampu Membuat HRD Terkesan Denganmu

Kita semua pasti sudah tau, jika melamar pekerjaan bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan. Persaingan yang ketat ditambah kondisi saat ini, membuat hal ini makin sulit. Jika ingin diterima kerja, kamu harus melewati tahapan seperti membuat cv, screening, hingga wawancara.

Sehingga ketika ingin mendapat kerja, sangat penting bagimu untuk membuat HRD terkesan sehingga mempertimbangkan dirimu sebagai kandidat yang terbaik. Hal apa saja yang membuat HRD terkesan? Berikut ini ulasannya.

 

1. Membuat cover letter yang baik

Meski tak semua perusahaan mengharuskan pelamar menyertakan cover letter, akan tetapi ini bisa jadi nilai plus bagimu. Cover letter yang baik tak hanya menjelaskan dirimu saja. Kamu perlu menyertakan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar.

 

2. Menyajikan portofolio yang menarik

Portofolio yang bagus dan menarik, secara tidak langsung menjadi sarana yang bisa membuat perusahaan sadar bahwa kamu memiliki pengalaman dan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Agar portofolio menarik di mata HRD, jangan lupa untuk mencantumkan semua hasil proyek yang telah kamu kerjakan.

 

3. Menggunakan foto diri yang profesional pada CV

Hal yang satu ini mungkin terkesan sepele. Namun, foto yang terkesan tidak profesional, bisa saja membuat HRD mengurungkan niatnya untuk merekrut kamu.

Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan foto yang tampak profesional dalam CV.

 

4. Memilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan atau pekerjaan sebelumnya

Memilih pekerjaan yang sama dengan kemampuan yang dimiliki atau bidang pekerjaan kamu sebelumnya, bisa jadi nilai plus yang dilihat oleh HRD. Selain itu, kamu bisa menggunakan pengalaman kerja yang dimiliki untuk meningkatkan nilai tawar.

Selain itu, bagi seorang freshgradute, kamu bisa menguatkan dirimu dengan portofolio yang menarik.

 

5. Tidak sering berganti pekerjaan

Jika kamu bekerja dalam waktu yang cukup lama di suatu perusahaan, HRD bisa melihat loyalitasmu dalam posisi tertentu. Ini jadi pertimbangan tersendiri bagi perusahaan untuk merekrutmu.

Oleh karenanya, jika kamu sering melakukan job hopping atau berganti-ganti pekerjaan, berhentilah mulai dari sekarang.

 

6. Memahami nilai-nilai perusahaan dengan baik

Jika kamu mendapatkan undangan untuk interview, segera lakukan riset kecil mengenai perusahaan tersebut! Sehingga, kamu bisa tahu seperti apa perusahaan tersebut, bagaimana model bisnis yang dijalankan, serta nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan.

Biasanya, HRD sangat mempertimbangkan orang-orang yang sangat memahami nilai-nilai perusahaan mereka.


FYI