Tips Membalas Email Penolakan

Mendapatkan email penolakan kerja merupakan suatu hal yang menyakitkan. Mungkin kamu sering bertanya, apakah harus membalas email penolakan? Menurut kami hal itu perlu kamu lakukan, mengapa demikian?

Ada 2 alasan utama kamu harus membalas email penolakan kerja yaitu untuk menunjukkan profesionalisme dan membenahi diri. Dengan melakukan hal ini, kamu dapat menjaga hubungan baik dan membantumu kedepannya.

Berikut ini Tips yang bisa kamu lakukan ketika menulis balasan:

 

1. Ucapkan terima kasih

Pertama-tama ucapkan terima kasih karena atas waktu yang telah diluangkan dan kesempatan yang diberikan. Bagaimana pun hasilnya, rekruter telah cukup berjasa dalam proses perekrutanmu.

Ucapan terima kasih meski ditolak bisa membuatmu terlihat profesional dan juga bijaksana dalam mengambil keputusan.

 

2. Tunjukkan kekecewaan dengan elegan

Mengungkapkan kekecewaan dapat menunjukkan bahwa kamu sebenarnya sangat menginginkan pekerjaan tersebut.

Namun, perlu diingat untuk menuliskannya dengan elegan, ya. Kamu bisa menggabungkannya dengan ucapan terima kasih sebelumnya.

Contoh yang bisa digunakan adalah kalimat seperti, “Walau saya kecewa karena tidak terpilih, terima kasih banyak atas kesempatan yang diberikan”.

 

3. Minta feedback dari HRD

Salah satu tujuan membalas email penolakan kerja adalah untuk mendapatkan feedback dari HRD yang mewawancaraimu.

Kamu bisa menuliskan, “Kalau memungkinkan, bolehkah saya tahu dari proses perekrutan ini apa yang kira-kira bisa saya perbaiki ke depannya?”. Rekruter pun akan melihat bahwa kamu merupakan kandidat yang ingin berkembang.

Tak hanya itu, feedback tersebut bisa dijadikan pembelajaran untuk interview dan proses pencarian kerjamu selanjutnya.


Tips