Persiapan Yang Perlu Kamu Lakukan Jika Kamu Ingin Bekerja di Perusahaan Multinasional

Bekerja di perusahaan Multinasional bisa menjadi suatu hal yang sangat diminati bagi para pencari kerja. Privilege yang bisa kamu temukan ketika sudah bergabung di perusahaan multinasional antara lain gaji yang besar dan jenjang karier yang bagus. Terdengar menarik bukan?

Meski terdengar menarik, proses untuk bisa sukses kerja di perusahaan multinasional butuh usaha keras. Banyak tahpan rekrutmen yang harus kamu lalui, belum lagi adanya persaingan yang ketat.

Lalu bagaimana caranya agar bisa diterima bekerja di perusahaan multinasional? Simak tipsnya berikut ini.

Persiapan yang matang

Tentu dalam mencari pekerjaan, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya sematang mungkin. Ada 3 hal utama yang perlu disiapkan oleh kandidat jika ingin kerja di sebuah perusahaan multinasional, antara lain:

1. Hard skills

Hard skills yang berhubungan dengan teknologi saat ini banyak dibutuhkan oleh perusahaan baik itu dari segi teknikal atau sisi marketing-nya.

Untuk bisa menguasai sebuah hard skill, kamu harus tahu dulu yang disukai dan tidak disukai. Dari situ kamu bisa menentukan kemampuan seperti apa yang perlu dikembangkan.

2. Soft skills

Terdapat banyak tipe soft skill, namun ketika kamu akan memasuki perusahaan multinasional kemapuan adaptasi adalah hal yang paling utama.

Dengan memiliki kemampuan adaptasi, tentu akan mudah bagimu untuk mengikuti perubahan dan sukses dalam berkarier di perusahaan mana pun.

3. Mindset

Ada dua jenis mindset yang perlu dimiliki oleh pencari kerja yang ingin bekerja di perusahaan multinasional, yaitu:

growth mindset

Growth mindset adalah pola pikir yang berkaitan dengan hasrat untuk selalu ingin berkembang. Entah itu dengan cara belajar dan meningkatkan skill sehingga tetap relevan dengan industri.

Jika kandidat tidak memiliki keinginan terus belajar, tentu akan kesulitan untuk bertahan dan memiliki karier yang cemerlang di dunia kerja.

global mindset

Global mindset adalah kemampuan seseorang untuk beradaptasi terhadap perbedaan budaya. Dengan punya mindset ini kamu bisa lebih lancar berkomunikasi dengan orang-orang dari negara lain.

Misalnya, cara kamu berkomunikasi dengan rekan kerja dari Jepang akan berbeda dengan rekan kerja asal Indonesia.

Tips Ketika Akan Interview

1. Tahap awal:

  • Tanyakan kepada rekruter mengenai setiap tahapan dan proses rekrutmen
  • Cari info tentang deskripsi pekerjaan dari posisi yang dilamar
  • lakukan riset mengenai standar gaji
  • Jangan bertanya mengenai gaji, kecuali kamu ditanya lebih dulu oleh rekruter

2. Tahap interview:

  • Lakukan riset mengenai perusahaan yang kamu incar
  • Cari tahu apa saja jenis pertanyaan interview yang sering ditanyakan
  • persiapkan pertanyaan untuk rekruter
  • Tunjukkan nilai jualmu agar bisa menarik di mata rekruter
  • Minta feedback dari rekruter

3. Tahap setelah interview dan offering:

  • Minta detail soal gaji serta tunjangan yang didapatkan

FYI, Tips