Apa Bedanya Public Relation Dan Marketing? Ini Dia Jawabannya
Mungkin bagi sebagian orang, banyak yang menganggap bahwa PR dan marketing adalah profesi yang sama. Tapi tau kah kamu bahwa kedua profesi tersebut memiliki perbedaan yang signifikan.
Berikut ini perbedaan dari marketing dan PR. Yuk, baca penjelasannya di bawah ini!
Definisi
Marketing: Tindakan mempromosikan dan menjual produk atau layanan, termasuk riset pasar dan periklanan.
Public relations: proses menjaga citra publik tetap positif sehingga bisa menguntungkan perusahaan.
Tujuan
Tujuan akhir dari proses marketing adalah untuk menghasilkan prospek dan meningkatkan konversi. Mereka yang tergabung dalam tim marketing harus bisa membuat strategi yang mampu menjangkau konsumen dan berfokus pada penjualan.
Sedangkan PR memiliki tujuan agar perusahaan memiliki citra yang positif dan terlihat kredibel di mata publik. Hal itu dilakukan dengan menyiapkan strategi PR yang efektif agar reputasi perusahaan bisa selalu terlihat baik.
Jobdesc
Perbedaan selanjutnya dari marketing dan PR dilihat dari tugas yang dilakukan setiap harinya. Berikut ini selengkapnya:
Marketing
- Membuat kampanye iklan untuk produk atau layanan terbaru.
- Menyiapkan materi pendukung untuk perilisan produk.
- Melakukan riset pelanggan untuk mengetahui kebutuhan mereka.
- Menyusun newsletter atau media promosi lainnya.
Public relations
- Menulis press release mengenai perilisan produk dari perusahaan.
- Menyampaikan cerita positif dari perusahaan ke media.
- Membangun hubungan baik dengan media dan influencer.
- Mengelola dan memperbarui pesan dan nilai perusahaan.