Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Kamu Menerima Tawaran Kerja!

Sebuah hal yang sangat menggembirakan jika kamumendapatkan kabar kalau kamu diterima kerja. Walaupu perasaan mu saat itu merasa senang, tapi adabaiknya kamu tetap harus berhati-hati untuk menerima tawaran kerja. Ada hal -hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika memutuskan untuk mengambil tawaran untuk bekerja.

Lalu apa saja yang perlu dipertimbangkan? Simak ulasannya berikut ini

 

1. Job Description

Tanyakan dengan jelas job description dan tanggung jawabmu dalam pekerjaan nanti.

Cobalah minta untuk semuanya dituliskan dan juga ditandatangani agar benar-benar jelas dan terdokumentasi dengan baik layaknya kontrak kerja dan tawaran pekerjaan.

Selain itu, dengan menanyakan job description, kamu bisa dengan jelas mengetahui apa yang harus kamu lakukan di dalam pekerjaan sehari-hari di perusahaan.

 

2. Gaji

Tidak dapat dipungkiri bahwa kamu bekerja untuk memperoleh gaji, sehingga faktor ini merupakan salah satu pertimbangan paling penting sebelum menerima tawaran kerja.

Menanyakan gaji pada tahap penerimaan tawaran kerja adalah hal yang wajar, jadi jangan malu atau ragu untuk bertanya.

Pastikan gaji bersih yang kamu sepakati sesuai dengan kebutuhan hidupmu. Jika tidak, kamu bisa mencoba negosiasi tentang gajimu dengan HR.

Negosiasi gaji ini juga harus disertai fakta maupun data untuk meyakinkan HR bahwa kamu memang pantas mendapat angka yang lebih tinggi dari tawaran mereka.

 

3. Kontrak Kerja

Ketika diskusi soal tawaran kerja dengan HR, kamu pun biasanya akan mendapatkan kontrak kerja untuk dipertimbangkan.

Ketika menerima kontrak kerja, kamu harus benar-benar membaca seluruh bagiannya dengan cermat. Perhatikan apakah status kerjamu tetap atau kontrak? Apabila kontrak, kontrak kerja seperti apa yang ditawarkan?

Pahami pula soal pemutusan kerja, resign, dan segala hal yang dicantumkan di kontrak kerja. Beberapa hal bisa menjadi pertimbangan yang penting sebelum menerima tawaran kerja, seperti adakah penalti ketika resign, adakah kesempatan untuk menjadi karyawan tetap setelah kontrak, dan lain-lain.

Jadi, jangan terburu-buru menyetujui kontrak sebelum benar-benar paham apa yang tertulis di kontrak dan dampaknya terhadap perkembangan kariermu di masa depan.

 

4. Jenjang Karier

Sangat penting untuk mengetahui jenjang karir yang bisa kamu tempuh di suatu perusahaan.

Dengan mengetahui jenjang karir, kamu bisa mengetahui apakah dalam beberapa tahun ke depan kamu bisa mendapatkan posisi yang lebih baik, berkembang sebagai individu dan karyawan, serta memperoleh gaji yang lebih tinggi juga.

Ketahui sebelum kamu menandatangani sebuah tawaran pekerjaan. Hal ini sangat penting, terlebih lagi jika kamu adalah seorang fresh graduate.

Jika mengetahui ada kesempatan baik di suatu perusahaan untuk jangka waktu yang panjang, tentu kamu akan merasa lebih semangat untuk produktif dan memberikan performa terbaik.

 

5. Lingkungan dan Budaya Kerja

Lingkungan dan budaya kerja perusahaan yang kamu tuju pun tak kalah penting sebagai pertimbangan sebelum menerima sebuah pekerjaan.

Sebisa mungkin, ketahui bagaimana lingkungan dan budaya kerja perusahaan tersebut.

Lingkungan dan budaya kerja sebuah perusahaan berpengaruh pada motivasi dan kenyamanan kita bekerja. Kedua hal ini bermuara pada produktivitasmu di perusahaan nanti.

Oleh karena itu, jika merasa tidak cocok dengan lingkungan maupun budaya kerja perusahaan yang menerimamu, hal ini harus dipertimbangkan dengan matang.

Jangan sampai menerima pekerjaan lalu merasa tidak betah dan resign dalam waktu singkat.

 

 


FYI