Maksimalkan Magangmu Dengan Melakukan Hal Berikut Ini
Magang bisa menjadi salah satu step awal buat kamu yang akan masuk kedalam dunia kerja. Bisa saja dari magang kamu mendapat banyak manfaat yang nantinya bisa kamu gunakan. Nggak mau kan magangmu jadi sia-sia dan begitu-gitu saja?
Berikut ini  tips yang bisa kamu praktekan sehingga magangmu menjadi lebih optimal.
1. No Ngaret
Disiplin adalah kunci yang sangat penting di sebuah perusahaan dan ini wajib kamu ingat apalagi kamu berstatus karyawan magang. Tunjukan bahwa kamu adalah pribadi yang disiplin dan sangat menghargai waktu.
Datang lebih awal (15 hingga 30 menit lebih awal dari jam masuk) akan menjadi penilaian plus apabila kamu sering bertemu atau dilihat HRD maupun atasan tempat kamu magang.
2. Jadi pro-aktif
Kebanyakan orang yang magang atau karyawan pada umumnya hanya bekerja sesuai dengan job desk yang diberikan. Apabila kamu mau menjadi pribadi yang pro-aktif kamu wajib melakukan yang namanya extra mile atau mengambil pekerjaan lebih.
Meski kamu tidak mendapatkan upah ataupun hal lain setidaknya dengan sikap pro-aktif ini kamu bisa belajar lebih banyak hal yang akan bermanfaat untuk diri kamu sendiri, syukur-syukur kamu dilihat oleh manager kamu. Etos kerja yang tinggi sangat diperlukan di sebuah perusahaan lho.
3. Kenalan dengan semua orang di kantor
ketika kamu masuk ke perusahaan ada baiknya kamu kenalan dengan semua orang yang ada di tempat kamu magang, baik itu di managerial maupun OB atau satpam sekaligus. Jangan menutup diri atau memilih-milih kenalan karena kita ngga tahu kedepannya seperti apa.
Bisa jadi kamu bisa mendapatkan tawaran bagus di orang-orang yang ada di tempat magangmu itu.
4. Berpakaian Rapi
Kamu pasti sering mendengar istilah “jangan menilai seseorang dari penampilannya” pribahasa itu mungkin benar tapi ketika impresi ketika kamu magang itu bisa menjadi penilaian khusus dari atasan perusahaan di tempat kamu magang lho.
Kamu juga perlu memperhatikan dan cari tahu informasi pakaian di perusahaan tempat kamu magang. Apakah perusahaan tersebut berpakaian formal atau casual, jangan sampai kamu salah kostum.