Berbagai Macam Pemikiran Yang Ada Ketika Akan Memulai Bekerja Di Suatu Perusahaan

Jika kamu baru pertama kali masuk kerja, grogi merupakan suatu hal yang sangat lumrah dirasakan. Hal ini bisa terjadi karena minimnya pengalaman bekerja.

Tahukah kamu ternyata selain grogi, masih banyak yang ada di pikiran karyawan baru. Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini.

 

1. Khawatir kemampuannya bekerja tidak mumpuni

Sadar diri belum pernah bekerja sebelumnya, membuatnya semakin minder saat harus kerja kantoran untuk pertama kali. Takutnya, kemampuan yang dimiliki sejauh ini gak cukup baik dan pada akhirnya kerjaannya nanti jadi keteteran.

Padahal belum juga diberi tahu job desk-nya secara rinci seperti apa. Tapi wajar, sih, namanya juga belum berpengalaman. Istilahnya, saat ini dia sedang meraba-raba. Nanti juga kalau sudah jalan seminggu bakal mulai terbiasa, kok.

 

2. Was-was dengan adanya senioritas

Pemikiran yang satu ini biasanya paling bisa bikin orang paranoid sendiri. Ya, apalagi kalau bukan soal senioritas. Tidak hanya di bangku sekolah dan kuliah saja yang kerap terdengar ada senioritas. Di kantor pun gak jarang ditemukan hal yang sama.

Di mana beberapa karyawan yang merasa lebih dulu bekerja di sana, bertindak semena-mena pada orang baru. Kalau mentalnya gak kuat, sih, mungkin baru sebulan kerja sudah minta resign, deh.

 

3. Takut tidak klop dengan partner kerja

Memang saat wawancara dulu, dia sudah tahu bila diterima akan bekerja secara tim. Dengan kata lain, dia bakal punya partner kerja, nih. Bekerja dalam tim, sih, bukan masalah baginya. Hanya saja karena belum tahu siapa orang yang dimaksud, ujung-ujungnya jadi menebak-nebak, deh.

Syukur-syukur dapat rekan kerja yang sepemikiran dan enak diajak kerja sama, nah, kalau sebaliknya gimana, dong? Bisa-bisa malah jadi gak betah kerja, nih.

 

4. Kira-kira bosnya galak apa tidak, ya?

Ketika melamar kerja dulu, sih, dia sudah tahu pemilik perusahan yang dilamarnya itu siapa. Sempat dengar juga dari kanan-kiri, kalau si bos ini orangnya tegas dan disiplin. Namun pas wawancara kerja, ternyata belum sempat bertemu dengan sang empunya perusahaan langsung.

Nah, ini yang bikin hati orang jadi deg-degan. Otomatis di hari pertama masuk, harus memperkenalkan diri pada si bos, dong. Wah, bila ternyata kabar angin itu benar, bisa makin grogi menghadap bos besar, nih.

 

5. Hari pertama jangan sampai banyak salah

Memang yang namanya percaya diri itu penting. Sebab kalau orang sudah merasa rendah diri, ini bisa jadi sugesti. Alhasil, apa yang dia lakukan jadi tidak maksimal dan akhirnya berantakan.

Hal ini, nih yang biasanya bikin orang yang pertama kali masuk kerja merasa was-was. Karena gak percaya diri, dia jadi grogi dan malah melakukan tugas yang diberikan dengan tidak teliti. Gak menutup kemungkinan di hari pertama kerja doi sudah bikin kesalahan. Makin jatuh, deh mentalnya.


FYI