Tips Untuk Mengasah Skill Komunikasi Buat Kamu Freshgraduate

Salah satu hal yang kerap diperhatikan HRD saat wawancara kerja adalah skill komunikasi. Selain mempersiapkan hal-hal seperti CV dan resume yang sifatnya administratif, kamu juga perlu mempersiapkan kemampuan komunikasimu.

Nah, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan agar skill komunikasimu terasah

 

1. Belajar dari internet atau buku

Skill komunikasi adalah suatu hal yang bisa kita pelajari dari beragam sumber. Internet dan buku adalah dua di antaranya. Di era digital saat ini, tidak sulit untuk menemukan sumber-sumber yang bisa kamu pakai.

Kamu bisa saja belajar dari tutorial di Youtube, menyimak Tiktok, atau berjalan-jalan ke toko buku untuk mencari buku terkait.

 

2. Rajin mempraktekan yang sudah dipelajari

Meski ada beragam sumber yang bisa digunakan untuk belajar communication skill, kamu juga harus tetap mempraktikkannya. Sebab, jika tidak dipraktikkan, semua itu hanyalah sebuah teori.

Tidak ada gunanya segala teori kita tahu tanpa kita praktik. Jadi, cara belajar yang paling baik adalah mempraktikkan apa yang ada di teori.

 

3. Latihan interview dengan orang lain atau merekamnya

Untuk melatih komunikasi, ada beragam praktik yang bisa dicoba. Caranya pun bisa dilakukan sendiri atau dengan orang lain.

Latihan interview dengan teman, orangtua atau saudara pun bisa kamu coba. Jangan lupa setelah selesai, kamu minta feedback yang membangun dari proses tadi, misalnya apa saja yang kurang atau apa yang perlu ditambah.

 

4. Kamu bisa berlatih dari berbagai kegiatan yang tengah diikuti

Berbagai kegiatan yang kita ikuti, baik volunter, karang taruna, kepanitiaan, hingga organisasi kampus, bisa jadi sarana melatih kemampuan berkomunikasi.

Namun, jangan sampai kita terlalu asyik dengan kegiatan UKM dan kepanitiaan saja. Urusan kuliah pun harus seimbang dengan kegiatan nonakademis.

 


Tips