Skill Yang Harus Kamu Miliki Jika Kamu Ingin Menjadi Personal Assistant Yang Baik
Personal assistant bertugas membantu seseorang dalam kehidupan profesional atau pribadi sehari-hari, sehingga ia dapat fokus pada tugas tingkat tinggi.
Untuk menjadi seorang personal assistant, sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan latar pendidikan khusus. Dibandingkan latar belakang pendidikan yang khusus, berikut ini skill yang wajib kamu miliki
1. Kemampuan komunikasi verbal dan tertulis
Sebagai personal assistant kamu harus memahami dan mengikuti instruksi, serta menyampaikan informasi tersebut kepada yang berkepentingan dengan jelas.
Kamu juga mungkin harus menyambut klien, membalas korespondensi, atau membuat laporan dan presentasi. Hal ini tergantung pada deskripsi kerja
Semua tugas ini membutuhkan keterampilan komunikasi termasuk berbicara dan menulis, mendengarkan, dan membaca.
2. Kemampuan organisasi dan manajemen waktu
Sebagai personal assistant, sebagian besar pekerjaan kamu adalah menjaga atasanmu tetap teratur dan sesuai jadwal. Karena itu, kamu juga harus dapat mengatur diri sendiri dengan baik.
Kemampuan organisasi dan manajemen waktu dapat dipelajari.
Kamu dapat beradaptasi untuk membuat penggunaan waktu yang lebih efisien serta menjaga pekerjaanmu dan atasanmu tetap teratur.
3. Memahami software terkait pekerjaan
Tergantung detail pekerjaanmu, kamu mungkin harus berurusan dengan berbagai software untuk memudahkan pekerjaanmu.
Biasanya, software yang digunakan mencakup pengolah kata, spreadsheet, database, kalender, desktop publishing, dan software pengolah presentasi.
Tugas utama kamu adalah membuat pekerjaan atasanmu lebih mudah dan sederhana, dan itu termasuk membantunya mengatasi masalah-masalah teknis.
Jadi, jika kamu mampu memberikan bantuan teknis sederhana kepada atasanmu, itu merupakan nilai tambah.
4. Mampu menjaga kerahasiaan perusahaan
Ketika kamu memulai pekerjaanmu sebagai personal assistant, kamu akan diminta untuk menyetujui non disclosure agreement.
Hal ini dikarenakan kamu akan sering dihadapkan pada materi sensitif, mulai dari rahasia perusahaan hingga informasi yang sangat pribadi yang perlu kamu jaga kerahasiaannya.
Sehingga kamu harus dapat bersikap bijaksana, mampu bereaksi dengan tenang dan menjaga setiap informasi rahasia yang kamu terima.
Dengan kata lain, kamu harus menjadi orang kepercayaan bagi atasanmu. Lagi pula, hanya kamu yang tahu berapa banyak bantuan yang mereka butuhkan.