5 Tips Membangun Karir Di Masa Muda

Tahukah kamu, membangun karier bisa dilakukan sedini mungkin. Memang lebih baik jika kamu mulai dari awal karena itu akan memberikanmu banyak sekali keuntungan.

Nah, berikut ini 5 tips membangun karier dari muda ini!

 

1. Jangan takut gagal dan memulai

Jangan takut memulai karena kamu takut gagal. Kegagalan adalah proses normal yang akan kita lalui suatu hari, jadi jangan membiarkan itu menjadi hambatan bagimu.

Contohnyaa ketika kamu mengikuti sebuah lomba. Selalu ada kemungkinan bahwa kamu akan menang atau kalah. Tapi, jika kamu tidak mengikuti lomba itu sama sekali, maka kamu tidak mungkin menang. Justru dengan mengikutinya, kamu memiliki kesempatan menang walaupun ada kesempatan kalah juga, dan itu tidak apa-apa.

Jadi, jangan takut mulai hanya karena kamu takut gagal. Kegagalan adalah proses yang dapat membantu kita mencapai kesuksesan, jadi jalani saja proses itu.

 

2. Mulailah pelan-pelan dan teruslah belajar

Ketika kamu sudah menemukan pekerjaan yang kamu mau, tekuni pekerjaan itu dan teruslah belajar. Dengan memulai dari usia yang muda, kamu punya banyak waktu untuk belajar dan benar-benar mengasah kemampuanmu.

Kamu bisa memulai dengan terus melatih dirimu. Contohnya, jika kamu mau menjadi seorang desainer busana suatu hari, maka kamu bisa mempelajari teknik-teknik menggambar dan melatih kemampuanmu. Kamu bisa mulai mendesain busana-busanamu sendiri dan menyimpannya agar suatu hari kamu bisa mewujudkannya. Kamu juga bisa mencoba menjahit busana yang kamu gambar dan terus mengembangkan dirimu.

Dengan melakukan itu, kamu sudah mulai membangun kariermu, jadi teruslah belajar dan berkembang.

 

3. Tentukan pekerjaan yang kamu suka dan yang mau kamu lakukan dalam jangka panjang

Selain itu, kamu harus menentukan apa pekerjaan yang mau kamu lakukan. Kamu harus mencari sesuatu yang kamu sukai, dan itu bisa kamu lihat dari hobi dan ketertarikanmu. Carilah sesuatu yang membuatmu semangat agar kamu tidak bosan jika harus mengerjakannya setiap hari!

Kemudian, tentukan jika kamu melihat dirimu melakukan pekerjaan itu di masa depan. Apakah kamu ingin melakukan pekerjaan itu dalam jangka yang panjang? Ataukah itu hanya hobi yang sementara? Yang penting, kamu harus benar-benar fokus dalam pekerjaan yang kamu pilih dan melihat itu sebagai hal yang bisa kamu lakukan seterusnya.

 

4. Cari kesempatan dan bangunlah koneksi

Mulailah mencari kesempatan dari sekarang dan bangun koneksi dengan orang lain. Kamu bisa melakukan itu dengan cara memanfaatkan media sosialmu, mencari kesempatan bekerja, atau mengikuti berbagai macam lomba.

Kamu bisa mulai mengunggah karyamu atau pekerjaanmu (seperti gambaranmu, masakanmu) di media sosial dan memasarkannya. Walaupun itu terlihat seperti langkah yang kecil, suatu hari itu bisa menjadi hal yang besar jika kamu terus menekuninya! Kemudian, kamu bisa mencari kesempatan bekerja yang tersedia untuk pelajar.

Kamu bisa mulai magang di perusahaan yang kamu sukai dan membangun portfolio-mu. Kamu juga bisa mengikuti lomba-lomba di bidang yang kamu minati agar orang-orang lebih mengenalmu. Itu akan membuat orang lain tahu tentang keterampilanmu, dan siapa tahu suatu hari mereka mau bekerja sama denganmu!

Kamu juga harus mulai membangun koneksi dari sekarang. Kenalkan dirimu ke komunitas orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama denganmu. Mungkin suatu hari, kamu dapat bekerja sama atau mendapatkan kesempatan bekerja dari mereka!

 

5. Terus fokus dan jangan menyerah

Ketika kamu pertama mulai meniti kariermu, tentunya pasti ada tantangan-tantangan yang harus kamu lalui. Mungkin, kamu akan berpikir kalau ini tidak membuahkan hasil. Atau, mungkin kamu merasa bahwa kemampuanmu kurang baik dibandingkan dengan orang-orang lain.

Apapun itu, teruslah fokus dan jangan menyerah. Jika kamu merasa bahwa kamu ingin berhenti, jangan. Lawanlah itu dan pertahankan semangatmu. Memulai sesuatu memang tidak mudah, tetapi yang penting kamu sudah mau mulai dari sekarang dan kamu harus terus mempertahankan usahamu.


Tips

Tinggalkan Balasan