Kamu Lulusan Arsitektur? Berikut Ini Prospek Kerja Selain Jadi Arsitek

Jurusan teknik arsitektur identik dengan anggapan bahwa lulusannya yang akan menjadi seorang arsitek. Jurusan arsitektur sendiri adalah jurusan yang mempelajari cara mendesain bangunan dengan memikirkan ketahanan bangunan dan aspek lainnya.

ketika lulus dari teknik arsitektur, ternyata bukan cuma jadi arsitek saja, kalian bisa mencoba pekerjaan yang cocok untuk para lulusan teknik arsitektur, berikut ini 5 prospek kerja yang bisa dikerjakan anak Arsitektur.

 

1. Developer

Untuk kalian yang berminat membuat perumahan, developer bisa jadi pilihan. Developer atau pengembang adalah sebuah perusahaan atau instansi perorangan yang bertugas membuat sebuah perumahan. Kalian bisa memilih untuk menekuni profesi ini secara individu atau kerja tim.

 

2. Kontraktor

Kontraktor adalah orang yang membuat desain bangunan menjadi nyata alias membuat bangunan. Kontraktor akan terkait kontrak dengan klien. Kontraktor juga bertugas memikirkan perencanaan anggaran dana pembangunan, penggunaan bahan bangunan, durasi waktu pembangunan, dan lainnya.

 

3. Bekerja di media

Bekerja di media, seperti menjadi penulis atau jurnalis khususnya di media yang berkaitan dengan dunia rancang bangun dan arsitektur juga bisa menjadi pilihan bagi para lulusan arsitektur.

 

4. Guru atau Dosen 

Bagi kalian yang tertarik di bidang pendidikan, menjadi dosen atau guru arsitektur bisa menjadi pilihan. Selama menjadi dosen atau guru arsitektur. Sebaiknya, sebelum menjadi pengajar, kalian memiliki pengalaman kerja di bidang arsitektur terlebih dahulu, supaya penguasaan materi dan pemahaman kalian di dunia bangunan semakin dalam.

 

5. Pegawai Negeri Sipil

Lulusan arsitektur juga bisa bekerja di instansi pemerintah, seperti menjadi Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di kementrian pekerjaan umum, pemukiman dan prasarana wilayah, dinas tata kota, perencanaan wilayah dan masih banyak lagi.


Berita

Tinggalkan Balasan