Tips Agar Kamu Lancar Menjawab “Ceritakan Tentang Diri Kamu”

a. Hindari Memberikan Informasi yang “salah”
Ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu ceritakan saat menjawab pertnyaan ini meliputi ras,agama,umur hingga status perkawinan. Selain biasanya tidak relevan dengan posisi yang dilamar, ada baiknya kamu mengalokasikan waktu menjawab untuk menceritakan hal yang lebih bermanfaat. Fokuslah pada informasi yang dapat menunjang kariermu sebagai seorang profesional. Jika pengalaman kerja yang dimiliki terlalu banyak, kamu bisa menceritakan beberapa pengalaman terakhir yang paling gemilang dan relevan dengan posisi yang dilamar.

b. Ceritakan Kelebihanmu untuk posisi ini
Agar dapat dilirik oleh perekrut, kamu bisa menceritakan pengalamanmu dalam pekerjaan atau bidang spesialisasi tertentu. Ceritakanlah keberhasilanmu selama bertanggung jawab atas sesuatu posisi atau proyek di kantor lama. Selain itu, ceritakan juga pelatihan khusus yang pernah kamu ikuti atau sertifikasi yang dimiliki untuk keterampilan-keterampilan teknis. Fokus pada kualifikasi posisi yang kamu inginkan dan cara untuk kamu bisa memenuhi dan melampaui persyaratan.

c. Jangan Mengulang Jawaban Yang Ada di CV
Kamu tidak perlu menceritakan ulang CV. Jelaskanlah hal-hal yang kamu cantumkan. Jika kamu telah bekerja selama beberapa tahun di suatu industri, ceritakan pengalamanmu dikantor sebelumnya. Sebutkan tanggung jawab dan peranmu pada posisi tersebut. Jadikan wawancara kerja sebagai kesempatanmu untuk membuktikan kata-kata yang tertulis pada CV dan cover letter

d. Gunakan Waktu Sebaik Mungkin
Meskipun kamu memiliki waktu yang terbatas, usahakan jangan sampai terburu-buru ketika sedang menjawab. Banyak kandidat yang malah menghilangkan isi atau makna dari perkataan yang akan disampaikan karena menjawab dengan tergesa-gesa. Selain itu, perekrut juga akan kesulitan untuk mencerna jawabanmu, jika kamu menjawab pertanyaannya terlalu cepat. Tarik nafas panjang dan hembuskan,pastikan kamu menggunakan waktu menjawab semaksimal mungkin.

e. Percaya Diri
Kepercayaan diri merupakan hal wajib dimiliki setiap perekrut. Ketika kamu saja tidak percaya akan diri kamu sendiri, bagaimana perekrut akan mempercayai kamu sebagai rekan kerja ? Seorang biasanya merasa tidak percaya diri karena mereka belum siap. Hal ini bisa diatasi dengan berlatih agar dapat terbiasa dengan pertanyaan dan suasana wawancara.

Uncategorized

Tinggalkan Balasan