Tekanan Kerja Membuatmu Ingin Resign? Lakukan Saja Hal Ini

Tekanan kerja menjadi suatu hal yang biasa dialami para pekerja. Tekanan kerja membuat kamu menjadi kurang fokus dalam bekerja. Selain itu, kamu juga jadi cepat lelah dan gak produktif.

Jika sudah begini, kamu pun akan mudah untuk goyah lalu secara impulsif memilih resign dari pekerjaanmu. Nah untuk mengatasinya, simak nih cara-caranya berikut ini!

 

1. Motivasi dirimu sendiri

Jika tekanan kerja sudah membuat kamu tidak semangat lagi untuk bekerja di tempat tersebut, ingatlah lagi awal mula kamu diterima bekerja di tempat itu.

Ingatlah tujuan kamu bekerja untuk mencari nafkah dan memenuhi kebutuhanmu. Semangati dirimu sendiri dengan membaca kata-kata motivasi yang berkaitan dengan kondisimu.

 

2. Pahami tugasmu

Agar kamu tidak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan tugas dan berdampak pada dimarahi bos atau atasan, sebaiknya kamu pahami betul terlebih dahulu yang menjadi tugasmu.

Kalau ada yang masih belum dipahami, jangan malu untuk bertanya.

 

3. Buat perencanaan

Lakukan perencanaan yang baik sebelum melakukan pekerjaan. Kamu bisa merencanakannya semalam sebelum hari kerjamu. Buatlah daftar perencanaan aktivitas yang akan dilakukan esok harinya, termasuk jam mulai hingga jam selesainya kamu melaksanakan setiap tugasmu.

 

4. Bagi tugas dengan anggota tim

Agar tekanan kerja berkurang, kamu bisa membagi tugasmu dengan anak buah atau anggota tim kerjamu. Terkadang memang ada rasa kamu mampu menyelesaikan tugas-tugas tersebut sendiri tanpa harus membagikan tugas itu pada orang lain.

Percayalah pada peran orang lain, yakinlah bahwa anak buah atau tim kerjamu bisa diandalkan untuk membantu menyelesaikan tugasmu.

 

5. Tingkatkan toleransi dengan teman kerja

Tekanan kerja terkadang bersumber dari teman kerja. Teman kerja yang cari muka ataupun tidak bisa di ajak kerja sama menjadi faktor munculnya tekanan kerja. Terlebih jika terjadi perbedaan pendapat.

Untuk itu toleransi sesama teman kerja sangatlah penting untuk dilakukan. Dengan kerjasama yang kompak, tugaspun akan lebih cepat terselesaikan dengan baik.

 

6. Belajar dari pengalaman

Ada baiknya kamu mencatat kendala-kendala yang pernah dialami beserta solusinya. Selain itu kamu juga bisa mencatat kendala yang pernah dihadapi teman kerja kamu lalu catat juga cara dia mengatasinya.

Bukan tidak mungkin kamu akan mengalami kendala yang sama dengan yang temanmu, apalagi jika teman masih satu divisi denganmu.

 

7. Jaga kualitas istirahatmu

Tekanan kerja seringkali membuat stres sehingga kamu pun tidak bisa fokus dalam bekerja. Untuk itu meluangkan waktu unttuk istirahat sejenak sangatlah dibutuhkan.

Namun, pastikan bahwa kamu memiliki waktu istirahat yang berkualitas karena hal inilah yang akan membuat kamu kembali segar dan bersemangat.

 

 

 


Berita