Tips Mengatasi Rasa Gugup Ketika Presentasi Di Kantor

Merasa gugup ketika akan melakukan presentasi merupakan hal yang wajar. Namun, rasa gugup yang berlebihan bisa saja mengganggu pikiran dan membuat presentasi menjadi kacau.

Oleh karena itu, coba lakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi kegugupan saat presentasi.

1. Latihan Dan Persiapan

Berlatih merupakan kegiatan yang paling efektif agar lebih lancar presentasi dan menghilangkan rasa gugup. Kamu bisa mencobanya dengan menghafal kata demi kata yang harus diucapkan serta melatih intonasi, struktur, dan urutan presentasi yang menarik.

Setelah itu, kamu juga perlu melakukan persiapan yang matang, seperti memeriksa kembali semua peralatan presentasi dan kelengkapan materi.

 

2. Fokus

Salah satu dampak negatif yang muncul ketika gugup menghantui adalah kehilangan fokus. Untuk itu, usahakan agar kamu tetap fokus dengan materi yang ingin disampaikan. Jangan lupa juga menikmati presentasi yang dilakukan sehingga kamu bisa lebih santai!

 

3. Melakukan high power poses

High power poses merupakan posisi badan seseorang yang menunjukkan keyakinan dan kepercayaan diri. Misalnya, berdiri tegak dengan tatapan penuh keyakinan dan senyuman serta posisi duduk bersandar dengan tangan yang lebih terbuka.

Meski terdengar sepele, namun percayalah bahwa posisi tubuh mampu membentuk rasa percaya diri dan menghilangkan rasa gugup.

 

4. Atur Napas

Untuk mengatasi rasa gugup ketika presentasi, kamu bisa menarik napas dalam-dalam melalui hidung dan mengeluarkannya secara perlahan. Mengatur pola pernapasan seperti ini, diyakini membantu tubuh lebih rileks. Kamu pun bisa berpikir dengan lebih jernih dan tenang.

 

5. Memaksimalkan bahasa tubuh

Ternyata, menggerakkan tubuh dengan tepat, dapat membantu mengurangi kegugupan ketika melakukan presentasi. Untuk itu, cobalah berpindah posisi dan menggerakkan tangan ketika sedang menyampaikan materi presentasi. Dengan begitu, pikiran kamu akan menjadi sedikit lebih nyaman dan rileks.

 


Tips

Tinggalkan Balasan