Tips Jitu Merespon Lowongan Kerja Dengan Menggunakan Bahasa Inggris
Di Bali cukup banyak perusahaan yang dimiliki orang luar. Mereka pun tentu membutuhkan bantuan orang lokal untuk bekerja dengannya. Lalu, pernahkah kamu mengirim resume berbahasa inggris pada banyak lowongan pekerjaan namun tidak dibalas?
Mungkin alasannya karena kamu salah dalam menyusun rangkaian email balasan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat merespon iklan lowongan pekerjaan melalui email.
Simak berikut ini.
1. Sapalah Dengan Sopan
Dalam melamar pekerjaan tentunya harus diawali dengan sapaan yang sopan agar tidak dicap buruk oleh HRD. Namun, jika kalian tidak mengetahui nama orang yang dituju, gunakan kalimat seperti ini :
“To whom it may concern :”
2. Cantumkan Posisi yang akan dilamar
Saat melamar pekerjaan tentunya kamu harus tau bagian apa yang kamu bisa dan kamu tuju. Selain itu cantumkan juga dari mana kamu mengetahui adanya lowongan pekerjaan tersebut untuk meyakinkan HRD.
contohnya:
“I am writing in response to your online ad for an office manager”
3. Jangan lupa tulis kelebihan dan pengalamanmu
Untuk menambah nilai plus, sebaiknya kamu menuliskan kelebihan dan pengalamanmu di dunia pekerjaan. Hal ini ampuh membuat HRD lebih percaya denganmu.
contohnya,
“I am very interest in the position”
“I am hard working and motivated”
“I have three years of experience”
4. Katakanlah jika kamu menyertakan CV 
Saat kamu menyertakan CV tentu kamu tidak boleh hanya mengirim filenya saja. Kamu juga harus memberikan arahan berupa tulisan bahwa kamu melampirkan CV agar tidak terlewat.
Seperti,
“I have attached my resume”
5. Memberitahukan ketersediaanmu dalam telefon dan interview
Saat melamar pekerjaan tentunya kamu ingin lolos tahap selanjutnya, bukan? Nah, oleh karena itu, jangan sampai lupa memasukkan nomor telefon dan beritahukan kapan kamu siap di-interview.
Contohnya adalah
“I am available for an interview anytime in the next few weeks”
“you can reach me at 081-555-1234”
6. Akhiri email dengan kalimat positif
Jangan mengirimkan email tanpa kalimat penutup yang sopan. Biar isi emailmu terlihat sopan, kalimat penutup yang positif dan tidak memaksa juga sangat penting.
Seperti
“I look forward to hearing from you”