Bebas Dari Perasaan “Jadi Beban”, Lakukan Hal Ini Saat Bekerja Dalam Tim

Saat memasuki dunia kerja, salah satu syaratnya adalah bisa bekerja secara tim. Namun terkadang ada dari kalian yang merasa tidak nyaman bekerja dalam tim, karena ada perasaan “jadi beban” dalam tim.

Untuk itu terapkan 5 hal ini agar kamu tidak menjadi beban bagi rekan tim lainnya dalam bekerja.

1. Disiplin dalam kehadiran

Usahakanlah untuk tidak terlambat dan selalu hadir ketika ada pekerjaan yang melibatkan tim. Karena jika kamu tidak disiplin dalam hal ini, efeknya bukan hanya padamu namun juga pada anggota tim yang lain.

 

2. Selesaikan tugasmu

Lalu jadilah sosok yang dapat diandalkan dalam mengerjakan tugasmu ketika bergabung dalam tim. Poin penting dari bekerja dalam tim adalah kerja sama, maka dari itu bisa menyelesaikan pekerjaan masing-masing itu sangat penting dan membangun kerja sama yang baik.

 

3. Hindari membuat masalah

Kamu juga harus berusaha teliti dan tak membuat masalah selama bekerja dalam tim. Jangan malah melakukan segala hal sembarangan yang justru menambah beban rekan tim.

Karena kesalahan yang dilakukan satu orang akan ditanggung semua orang dalam tim, berbeda jika kamu bekerja sendiri dan hanya bertanggung jawab seorang diri untuk kesalahanmu.

 

4. Aktif dalam diskusi atau rapat

Usahakan untuk melibatkan diri ketika ada diskusi atau rapat yang diadakan tim. Bukan cuma melihat dan menunggu keputusan akhir, akan tetapi juga ikut berperan aktif dalam pengambilan keputusan.

Karena diskusi dapat memperkuat kerja sama, dan dengan kamu yang aktif memberi ide atau inovasi baru, mungkin pekerjaan kalian bisa terselesaikan dengan lebih maksimal.

 

5. Bekerja dengan jujur

Jika kamu tak ingin menjadi beban saat bekerja dalam tim, maka bekerjalah dengan cara bersih dan jujur. Jangan macam-macam atau banyak tingkah, karena kalau kamu berbuat curang justru akan berakibat buruk pada tim nantinya. Bukannya meringankan beban tim, justru malah membebani dan merusak citra tim.


Berita