Tips Mempersiapkan Lingkungan Kerja dari Virus Corona
Dalam menghadapi virus corona yang saat ini sedang marak-maraknya terjadi, bukan hanya dari pemerintah saja yang sibuk bekerja untuk menanggulangi virus corona ini. Namun setiap elemen dari masyarakat pun harus ikut dalam upaya penanggulangan virus ini, tidak terkecuali kantor swasta.
Lalu bagaimana cara perusahaan mempersiapkan lingkungan kerja yang baik agar terhindar dari virus corona, simak tips nya dibawah ini ;
1. Susun rencana menghadapi virus corona
Setiap tempat kerja harus menyediakan ruangan khusus untuk mengisolasi karyawan terduga corona serta persiapkan langkah-langkah untuk mengidentifikasi virus. Jika ada karyawan yang memiliki risiko tinggi terinfeksi corona, jangan biarkan terjadinya stigma dan diskrimasi di lingkungan kerja Anda. Kemudian, hubungi pihak pelayanan kesehatan publik untuk langkah selanjutnya.
2. Terapkan sistem kerja jarak jauh
Pihak pelayanan kesehatan publik telah memberikan peringatan untuk menghindari kerumunan orang serta penggunaan transportasi umum. Oleh karena itu, bekerja dari rumah akan sangat membantu untuk mengurangi risiko penyebaran virus.
3. Persiapkan rencana agar bisnis tetap berjalan meskipun para pekerja bekerja dirumah
Informasikan rencana yang akan dilakukan perusahaan sehingga tiap karyawan mengetahui apa yang harus mereka lakukan. Pastikan rencana yang disusun memerhatikan kondisi mental serta konsekuensi sosial dari Covid-19 di lingkungan kerja Anda. Untuk bisnis berskala kecil dan yang tidak memiliki staf kesehatan, bekerja samalah dengan pelayanan kesehatan publik setempat untuk menyusun rencana menghadapi Covid-19.