Antisipasi Corona, Berikut Tips Agar Tetap Produktif Ketika Bekerja Dari Rumah
Negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan , dan Amerika Serikat telah menetapkan kebijakan bekerja dari rumah untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19). Indonesiapun menyusul untuk mengambil kebijakan ini. Perusahaan perusahaan pun sudah mulai memerapkan kebijakan ini.
Lalu bagaimana caranya supaya tetap produktif walaupun kamu harus bekerja remote? berikut ini tipsnya:
Bekerjalah di ruangan yang bebas gangguan
“Tidak memiliki ruang kantor rumah yang lengkap ketika orang mulai bekerja jarak jauh dapat menyebabkan penurunan produktivitas sementara. Daripada berbaring di tempat tidur dengan laptop, cobalah siapkan ruang kerja sederhana. Seperti memindahkan meja ke sudut yang jauh dari gangguan, jangan lupa menyiapkan kursi agar duduk tetap tegak.
Buat peringatan sederhana kepada keluarga atau kerabat yang tinggal seatap bahwa Anda sedang bekerja dan tak bisa diganggu. Dengan ruang kerja khusus, kalian bisa lebih konsentrasi, sehingga bekerja jarak jauh bisa lebih mudah.
Tetap berkomunikasi dengan atasan
Para pekerja biasanya menghabiskan sehari-hari bekerja diawasi atasan sehingga menjalin komunikasi dengan atasan dapat dilakukan sangat mudah. Tapi hal itu jauh berbeda ketika bekerja dari jarak jauh. Potensi gangguan dalam berkomunikasi sangat besar bagi orang-orang yang tak terbiasa bekerja dari jarak jauh.
Terutama bagi perusahaan yang tak menyiapkan perangkat komunikasi untuk bekerja secara tim dari jarak jauh seperti aplikasi untuk video call dan sebagainya.
Jadi, ketika seorang pekerja harus berkomunikasi dengan bos dan tim dari rumah, ada komunikasi dilakukan melalui panggilan tatap muka misalnya memanfaatkan aplikasi Skype atau pun Zoom.
Berpakaian layaknya orang bekerja.
Hindari mengenakan baju tidur dan melewatkan rutinitas mandi ketika kamu bekerja dari rumah. Tetaplah mandi dan berpakaian. Perlakukan kerja remote seperti sebuah pekerjaan yang dilakukan dikantor.
Jaga komunikasi dengan rekan kerja
Semakin banyak upaya yang dilakukan untuk berkomunikasi dengan rekan kerja, semakin besar peluang kamu untuk menghindari perasaan terisolasi, yang dapat menyebabkan depresi.
Isolasi yang berkepanjangan juga berpotensi berdampak pada moral dan produktivitas. Itulah sebabnya kamu perlu tetap mempertahankan kegiatan normal seperti bersantai dengan rekan kerja. Misalnya, makan siang bersama-sama melalui video call.