5 Kebiasaan yang Membuatmu Terlihat Tidak Profesional
Dalam dunia kerja, profesionalitas adalah salah satu hal penting yang harus dimiliki seorang karyawan. Sayangnya setelah berusaha keras untuk menjadi seorang¬† yang profesional, tidak jarang kita sendiri juga yang malah merusak semuanya dengan kebiasaan – kebiasaan kita. Mungkin bagi kamu kebiasaan ini sangat sepele, namun hal-hal sepele inilah yang justru membuat kita terlihat tidak profesional. Kebiasaan apa saja itu?
1. Datang terlambat
Kita semua tahu betapa macetnya jalanan kota di pagi hari. Namun tetap saja, macetnya jalanan tidak bisa jadi alasan untuk terlambat. Ketika kamu menandatangani kontrak kerja, itu artinya kamu setuju untuk mengikuti semua aturan kantor termasuk jam kerja yang sudah ditetapkan.
Sekali dua kali, perusahaan mungkin akan memaklumi. Namun jika terlalu sering, mereka akan mulai menganggap kamu sebagai orang yang tidak bisa diandalkan.
2. Penampilan yang selalu berantakan
Penampilan menjadi hal pertama yang akan dilihat orang lain darimu. Dari penampilan jugalah mereka akan menilai kamu orang yang sepert apa. Kalau kamu datang ke kantor dengan pakaian yang rapi dan wangi, ditambah meja kerja yang selalu bersih, penilaian orang pun akan baik.
Namun hal itu akan menjadi berbeda ketika pakaian yang kamu kenakan selalu kusut dan bau keringat. Sehingga jangan salahkan orang lain jika mereka menilai kamu tidak bisa bekerja. Bagaimana mau bekerja jika mengurus diri sendiri pun saja tidak bisa.
3. Selalu sibuk dengan Smartphone
Smartphone memang jadi barang penting saat ini. Namun ketika kamu sudah berada di kantor, kamu tidak boleh terus menerus memainkan smartphone apalagi sampai lupa segalanya. Ingat, kamu ada di sana untuk bekerja, bukan untuk main smartphone.
4. Bersikap pasif dalam setiap rapat
Setiap pegawai pasti pernah terjebak dalam sebuah rapat yang membosankan. Saking bosannya sampai membuatmu mengantuk dan tidak bisa berpikir apa-apa. Well, diam selama rapat dan hanya menyetujui apa pun yang orang katakan mungkin adalah cara paling aman. Namun hal itu justru membuat kamu jadi terlihat seperti pemalas, dan tidak peduli pada perusahaan.
5. Bergosip dengan rekan kerja
Kerja seharian kadang membuatmu jenuh. Terkadang cara mudah yang bisa digunakan untuk menghilangkan rasa jenuh ini dengan cara mengobrol dengan rekan sebelah meja. Bergosip dengan rekan kerja memang jadi kebiasaan banyak orang. Meski begitu, pastikan dirimu tidak jadi bagian dari para penggosip itu. Selain akan merusak reputasi, kebiasaan membicarakan orang lain dalam jangka waktu lama hanya akan membuat kamu memiliki banyak musuh.