5 Hal Yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Masuk Pada Lingkungan Kerja Baru

Lingkungan kerja yang baru atau pekerjaan baru seringkali membuat kita merasa canggung. Hal ini bisa terjadi karena belum terlalu mengenal rekan kerja yang baru. Wajar saja, setiap individu pasti mengalami shock culture ketika dihadapkan pada lingkungan yang baru.

Oleh karena itu, manusia dilengkapi dengan kemampuan adaptasi agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Jika kemampuan adaptasi seseorang berada dalam tingkat yang rendah, dapat dipastikan bahwa orang tersebut sulit untuk bertahan pada lingkungan pekerjaan baru. Namun, jika kemampuan adaptasinya tinggi, maka orang tersebut akan bertahan, bahkan akan menjadi lebih sukses daripada pekerjaan sebelumnya.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan ketika memasuki lingkungan pekerjaan baru?

1. Mengikuti peraturan yang ada

Ketika berada di pekerjaan yang baru, kamu mungkin akan mengalami shock karena adanya perbedaan peraturan antara pekerjaan baru dengan pekerjaan lama. Kadangkala, peraturan di pekerjaan baru lebih ketat dan mengikat dibandingkan dengan pekerjaan lama.

Untuk menghindari konflik kedepannya, kamu wajib untuk menerima dan mengikuti setiap peraturan yang ada di perusahaan baru. Kamu cukup berkonsentrasi untuk memberikan kontribusi sebaik mungkin kepada perusahaan yang baru ditempati daripada menghabiskan waktu untuk memikirkan hal lain. Dengan begitu, nilai yang diberikan perusahaan kepada kamu pun akan meningkat. Hal ini tentu saja akan berpengaruh kepada jenjang karirmu nantinya

 

2. Bangun komunikasi yang baik dengan relasi barumu

Hal selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membangun komunikasi yang baik dengan relasi dan atasanmu. Pahami karakter lawan bicara. Dengan begitu, komunikasi yang dibangun akan lancar dan kamu dapat memahami apa yang diinginkan oleh masing-masing pihak. Dengan tersampaikannya keinginan dari masing-masing pihak, antara pihak pekerja dengan pihak lain akan merasa terpuaskan sehingga pekerjaan semakin lancar kedepannya.

 

3. Cobalah berpikir terbuka

Kamu harus selalu berpikiran terbuka dalam menghadapi setiap perbedaan ide antara kamu dengan rekan kerjamu. Sebagai pekerja yang baik, kamu harus selalu pandai mengukur konteks situasi kapan harus mempertahankan pendapat dan kapan harus berkompromi. Dengan demikian, hubungan antara kamu dengan rekan kerja pun akan semakin baik.

 

4. Berusahalah untuk bersikap fleksibel

Tidak perlu mengeluh ketika berhadapan dengan karakter yang bermacam-macam, contohnyanya teman kerja yang terlalu detail atau atasan yang cenderung arogan.

Jadikan dirimu fleksibel untuk menghadapi orang-orang dengan karakter yang bermacam-macam. Dengan begitu, kamu bisa melatih dirimu menjadi semakin tangguh dan profesional dalam bekerja.

 

5. Jadilah orang yang suka membantu

Di pekerjaan dan lingkungan baru, sangat disarankan untuk menjadi pribadi yang suka membantu. Hal ini penting untuk membangun hubungan baik dengan rekan kerja maupun atasanmu. Ketika kamu tampil sebagai pribadi yang tidak perhitungan dalam memberikan bantuan, maka kamu akan mendapat tempat di hati mereka.

Hal ini sangat penting demi kelancaranmu bekerja di posisi dan lingkungan yang baru. Namun kamu juga harus bisa mengukur kemampuan dirimu sendiri. Jangan sampai kamu terlalu berbaik hati membantu sehingga orang lain justru memanfaatkanmu.


Berita, Tips