Tugas dan Jobdesk Banquet

Banquet bisa diartikan sebagai perjamuan, namun dalam konteks ini banquet adalah pelayanan suatu acara yang sudah dipesan dan direncanakan sebelumnya melingkupi pelayanan makanan-minuman, ruangan dan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan dalam waktu tertentu. Departemen banquet memiliki peranan penting dalam hal pelayanan jasa penyelenggaraan acara yang diadakan oleh hotel. Banquet tidak jauh berbeda dengan restoran baik dalam segi perlengkapan, peralatan serta tata saji yang disuguhkan, hanya saja banquet tidak menyediakan sajian secara permanen, melainkan diselenggarakan setelah adanya pihak pemesanan yang akan menyelenggarakan acara. Pelayanan pada banquet dimulai sejak pelanggan memesan tempat hingga akhir acara.

Jika kalian berminat untuk menjadi seorang Banquet, ada baiknya kalian memiliki hal-hal dibawah ini :

 

1. Kuat fisik dan mental

Untuk menjadi banquet, hal pertama yang harus dimiliki adalah fisik dan mental yang prima. Karena seorang banquet memiliki beban kerja yang bisa dibilang banyak. Sebut saja kalian harus menata venue tempat acara berangsung, melakukan service pada tamu, hingga kalian juga harus melakukan closing. Jadi tentu saja memiliki fisik dan mental yang prima merupakan sebuah keharusan untuk seorang banquet.

 

2. Pintar

Syarat kedua yang harus dimiliki seorang banquet adalah kemampuan berpikir yang baik. Tidak hanya mengandalkan tenaga tapi mereka juga harus berpikir layaknya seorang konseptor, semua harus terencana dengan tepat dan sebaik mungkin. Karena bisa kalian bayangkan dari ruangan kosong hingga bisa menjadi layout yang sedemikian rupa bentuknya dari ruangan sebesar itu mereka harus menantanya menjadi sebuah bentuk yang bagus dengan susunan meja/kursi yang begitu banyak, tentu saja harus ada kemampuan berpikir yang baik.

 

3. Kerjasama Tim

Nah, hal terakhir yang harus dimiliki seorang banquet adalah kemampuan untuk bekerjasama dalam tim. Tidak bisa dipungkiri bahwa melakukan sebuah event, tentu saja dibutuhkan banyak tenaga. Dalam suatu acara, terkadang sebuah tim banquet bisa mencapai 50 orang. Jadi untuk memberikan pelayanan terbaik tentunya perlu komunikasi yang baik dan kerjasama antar divisi dalam hal pemberian service. Jadi tidak hanya pintar dalam hal pikiran saja, kalian juga dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan anggota tim secara baik sehingga acara dapat berlangsung dengan lancar.

 

Berita

Tinggalkan Balasan