Tips Menjalankan Marketing yang Jitu
Ada bermacam-macam strategi pemasaran yang dapat dilakukan di suatu perusahaan. Berikut ini 5 strategi pemasaran untuk membantu meningkatkan penjualan sehingga target bisa tercapai.
1. Fokus
Strategi pertama yang perlu diingat adalah untuk tetap fokus. Mungkin perusahaanmu punya segudang target untuk jangka panjang. Akan tetapi, untuk mencapai target yang maksimal penting untuk tetap fokus dalam setiap rencana dan langkah yang dilakukan.
Kenali betul nilai perusahaan dan tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut. Jangan memaksakan untuk menjangkau semua orang yang justru tidak memberikan dampak yang efektif. Mulailah perlahan dan pastikan apa yang dilakukan tepat sasaran.
2. Manfaatkan Media Sosial
Saat ini, media sosial adalah sarana yang sangat bagus untuk memperkenalkan brand dan produk. Tidak hanya perusahaan, bahkan banyak yang menjadikan akun media sosial mereka sebagai portofolio dalam memasarkan karya atau produk mereka.
Perusahaan dapat menggunakan media sosial sebagai alat pemasaran dengan membuat konten yang ditujukan kepada customernya. Konten yang dibuat sebagai strategi marketing dalam media sosial haruslah memiliki tujan yang jelas, sebut saja “membantu customer untuk mengenal produk yang dimiliki”.
Selain untuk memasarkan, kini media sosial juga memiliki fitur yang dapat memudahkan customer dan penjual melakukan transaksi jual beli. Manfaatkanlah akun media sosial dengan maksimal. Jangan hanya sebagai media untuk menjaring customer saja, tapi juga manfaatkan sebagai sarana untuk menjual lebih banyak produk.
3. Kerja Sama 
Istilah influencer ataupun brand ambassador sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Kerja sama dengan mereka dapat menarik perhatian lebih banyak customer yang tepat sasaran. Menggunakan tokoh terkenal sebagai wajah dari produk yang dipasarkan setidaknya bisa menarik penggemar dari tokoh tersebut untuk mengenal produk yang dipasarkan.
Dalam strategi marketing, penting juga untuk memerhatikan influencer yang akan diajak kerja sama. Pastikan bahwa tokoh yang dipilih sesuai dengan nilai dan citra perusahaan. Selain itu, tokoh yang dipilih juga dapat menyampaikan pesan yang diinginkan perusahaan dengan baik.
Walaupun memang perusahaan menginginkan customer sebanyak mungkin, penting juga untuk memastikan bahwa influencer yang dipilih dapat menjangkau calon customer yang sesuai dengan target pemasaran.
4. Jalin Hubungan Baik dengan Customer
Salah satu kunci utama dalam strategi marketing yang baik adalah menjalin hubungan baik dengan customer. Perusahaan tentu memiliki keinginan untuk mendapatkan customer dan menjual produk sebanyak-banyaknya. Meskipun penting untuk mendapatkan customer baru demi meningkatkan penjualan, hubungan baik dengan customer yang sudah ada sebelumnya juga pentng untuk selalu dijaga.
Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menawarkan promo tertentu untuk pelanggan yang sudah setia menggunakan produkmu.
5. Bangun Cerita yang Kuat dan Berkesan
Kecenderungan saat ini adalah iklan yang terlalu terang-terangan berjualan (hard-selling) tidak lagi diminati banyak pelanggan. Perusahaan harus sekreatif mungkin melakukan penjualan dengan konten-konten yang ceritanya kuat dan menarik. Membuat konten kreatif yang bisa menjadi bahan perbincangan banyak orang atau konten yang menggugah emosi bisa jadi strategi pemasaran yang layak dicoba.