Skill yang Harus Dimiliki Seorang Digital Marketing Handal

Perkembangan dunia digital yang semakin pesat, membuat posisi digital marketing banyak dicari oleh banyak perusahaan. Tak heran, digital marketing menjadi salah satu profesi yang diperhitungkan saat ini. Lalu apa saja skill yang harus dimiliki untuk menjadi Digital Marketing handal? Berikut ini jawabannya.

 

1. Skill analisa

Skill analisa menjadi salah satu skill penting yang harus dimiliki setiap digital marketing. Hal ini dibutuhkan agar digital marketing dapat menganalisa setiap aktifitas marketing yang mereka lakukan. Tak hanya itu, mereka juga harus mampu menganalisa setiap kebutuhan dan konversi penjualan dari website yang dimiliki. Dengan kemampuan analisa yang baik, diharapkan mereka dapat meningkatkan penjualan di dunia online. Serta, memberikan prediksi apa yang harus dilakukan beberapa tahun kedepan.

 

2. Aktif di social media

Social media merupakan komponen penting dalam digital marketing. Oleh karena itu, untuk menjadi digital marketing handal, wajib bagi kalian untuk dapat aktif dan menguasai kemampuan social media dengan baik. Kalian harus mampu menyusun strategi untuk memperluas jaringan pemasaran melalui social media. Selain itu, social media juga berperan penting untuk memperluas leads bisnis produk yang mereka tawarkan.

 

3. Pengolahan dan Visualisasi data yang baik

Sebagai seorang digital marketing, keberadaan data menjadi salah satu hal yang sangat vital. Data diperlukan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan keputusan yang mereka ambil. Sehingga, setiap kegiatan / aktivitas marketing yang mereka lakukan sudah berdasarkan data yang valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Tak hanya itu, seorang digital marketing harus mampu menyajikan data dengan baik sebagai bentuk evaluasi. Untuk itu, kemampuan mengolah dan memvisualisasikan data yang baik sangat diperlukan untuk menjadi digital marketing handal.

 

4. Technical skill yang kuat

Tak ada salahnya untuk mempelajari dasar technical skill, seperti dasar web development atau video editting. Hal ini diperlukan agar mereka juga dapat berkomunikasi dengan baik dengan tim web developer atau video creator. Sehingga, mereka dapat saling berdiskusi dan bertukar pikiran untuk membuat digital marketing campaign sesuai dengan apa yang diinginkan.

 

5. Soft skill

Hal ini memang terdengar sederhana, namun untuk menjadi digital marketing handal, kita harus mampu berkomunikasi dengan baik, serta mampu menjadi pribadi yang fleksibel terhadap pekerjaan maupun pelanggan. Penting bagi seorang digital marketing untuk menyeimbangkan antara technical skill dan soft skill mereka.

 

6. kerjasama tim

Seorang digital marketing juga harus dapat bekerjasama dengan anggota tim lain. Karena, untuk membuat sebuah digital marketing campaign, akan membutuhkan bantuan dari tim lain seperti web developer, social media, content creator, dll. Selain dapat meringankan pekerjaan mereka, hal ini akan memudahkan mereka untuk bertukar pikiran dan mendapat insight dari setiap anggota tim.

 

7. Adaptable dengan perkembangan teknologi

Digital marketing merupakan sebuah profesi yang erat kaitannya dengan dunia digital dan teknologi. Tentu saja dunia teknologi akan terus berkembang. Untuk itu, penting bagi seorang digital marketing untuk selalu beradaptasi dengan perkembangan dunia digital dan teknologi terkini. Sehingga, skill yang mereka miliki akan selalu berkembang dan tidak akan tertinggal dengan perkembangan teknologi terbaru.


Berita, Tips

Tinggalkan Balasan