Rekan Kerjamu Toxic? Lakukan Ini Biar Kamu Nggak Terpengaruh
Perilaku toxic people di tempat kerja bisa membuat produktivitasmu menurun, pekerjaan menjadi terganggu, dan bisa saja menjatuhkan kariermu. Nah, biar lebih hati-hati dan gak terjebak oleh rekan kerja yang toksik lakukan 5 hal berikut ini
1. Kendalikan dirimu dengan baik
Di tempat kerja akan banyak sekali godaan yang bisa memengaruhi perkembangan kariermu. Maka dari itu kendalikan dirimu dengan baik jangan mudah tergoda dengan orang-orang yang membawa pengaruh buruk untuk pekerjaanmu.
Tentu saja jika kamu tidak memiliki kontrol diri, kamu akan mudah terbawa arus dalam lingkungan yang toxic tersebut.
2. Berteman dengan rekan kerja yang positif
Kamu bisa mencari teman kerja yang dapat membawamu ke arah yang positif. Karena dengan bergaul dengan orang-orang yang positif bisa membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik.
Filter mana orang yang cocok dijadikan teman baikmu di kantor, sebab dengan siapa kamu bergaul dapat memengaruhi perkembangan kariermu.
3. Hindari rekan kerja yang suka ngegosip
Gosip dan tempat kerja sepertinya tidak bisa dihindarkan lagi. Nah kebiasaan ini pelan-pelan harus kamu hindari, berkawan dengan rekan kerja yang suka menggosip, sering menjelekkan atasan, suka membicarakan urusan orang lain, dan hobi sekali mengomentari penampilan hanya akan membuat waktumu terbuang sia-sia.
Sebisa mungkin kurangi berkumpul dengan mereka, karena kegiatan bergosip yang berlebihan bisa menimbulkan masalah baru di tempatmu kerja.
4. Fokus saja terhadap pekerjaanmu
Selanjutnya, cobalah untuk fokus terhadap pekerjaan dan jangan biarkan orang toxic masuk dan menganggu kinerjamu. Dengan menyibukkan diri kamu bisa lebih fokus untuk menyelesaikan pekerjaan daripada meladeni orang-orang yang seperti mereka.
Jangan buang waktu dan tenaga untuk berteman dengan mereka yang hanya memberi dampak buruk terhadap kariermu. Maka pandailah untuk mencari dan memilih teman di tempat kerjamu ya!
5. Bersikap profesional saat bekerja
Terakhir, jangan terpengaruh dengan mereka yang hanya membawa dampak buruk dalam kariermu, junjunglah sikap profesional agar tetap fokus dalam menjalankan pekerjaan. Kontrol sikap buruk seperti bergosip, menyepelekan pekerjaan, hingga kebiasaan mengeluh dengan tetap menjaga profesionalisme dan selalu ingat apa tujuanmu bekerja saat ini.