Mengirim Email Lamaran Kerja? Perhatikan Hal-Hal Ini
Banyak kita jumpai perusahaan-perusahaan yang menggunakan email sebagai sarana utama untuk menerima lamaran kerja.
Oleh sebab itu, sangat penting untuk menulis dan mengirim lamaran via email dengan baik, sehingga dapat memberikan kesan positif saat melamar kerja. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu sebelum mengirimkan lamaran kerja via email. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan
1. Sesuaikan subjek email dengan permintaan perusahaan
Biasanya, lowongan pekerjaan yang disebarkan oleh perusahaan akan mencantumkan beberapa ketentuan yang harus diikuti oleh para pelamar. Salah satunya tentang subjek email.
Jika memang ada ketentuan yang diberikan oleh perusahaan yang bersangkutan, maka pastikan subjek email yang akan kirim sudah sesuai dengan apa yang mereka minta.
2. Badan email diawali dengan sapaan, nama, dan jabatan yang ingin dituju
Untuk memberikan kesan pertama yang baik, sebaiknya awali email yang akan kamu kirim dengan salam atau sapaan terlebih dahulu. Jangan lupa untuk memberikan keterangan mengenai nama dan jabatan dari orang yang kamu sapa. Jika kamu tidak mengetahuinya, kamu bisa mengungkapkan sapaan tersebut dengan, “Kepada Bapak/Ibu HRD di tempat”.
3. Perkenalkan diri terlebih dahulu
Setelah memberikan sapaan, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adah memperkenalkan dirimu. Kamu perlu memperkenalkan dirimu terlebih dahulu dengan baik. Tidak perlu terlalu panjang, cukup sebutkan profil singkatmu saj.
4. Selalu gunakan bahasa yang formal
Dalam mengirimkan lamaran kerja via email sangat penting menggunakan bahasa yang formal. Hal ini perlu dilakukan untuk menciptakan kesan bahwa kamu seorang yang profesional dan menunjukkan keseriusanmu dalam melamar pekerjaan.
Terkadang, kemampuanmu dalam menulis lamaran kerja juga bisa dinilai oleh pihak perekrut. Jadi, jangan pernah menggunakan bahasa sehari-hari jika kalian berniat serius mendapatkan pekerjaan
5. Jangan mengirim lamaran kerja dengan alamat email yang tidak jelas
Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan sebelum mengirimkan email lamaran adalah alamat email yang kamu gunakan. Jangan sampai kamu mengirimkan surat lamaran tersebut dengan alamat email yang aneh, alay bahkan tidak jelas. Sebab, hal tersebut bisa langsung membuat lamaranmu ditolak oleh pihak perusahaan.