Penting Untuk Kalian Tahu, Etika Melamar Kerja via Email
Di jaman modern saat ini, teknologi sudah sangat memudahkan orang-orang untuk mencari kerja. Namun tetap saja masih ada beberapa pelamar kerja yang belum memahami etika dalam mengirim lamaran kerja via email.
Kesalahan yang terjadi ini bisa jadi membuatmu tidak mendapatkan respon dari perusahaan yang kalian tuju. Berikut kami berikan tips untuk melamar pekerjaan via email dengan baik dan benar.
1. Tulislah subject pada email
Meski email dapat dikirim tanpa mengisi subject, alangkah baiknya kalian tetap menuliskan subject pada email yang akan kalian kirim. Dengan adanya subject, penerima email dapat melihat gambaran atau informasi awal yang ingin  disampaikan, dalam hal ini adalah untuk melamar kerja.
Jangan sampai lupa untuk mengisi subject email jika kalian ingin mendapatkan respon yang cepat. Jadi, jangan malas untuk mengisi subject email ya.
2. Tulislah kalimat pengantar pada body email
Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pengirim email adalah hanya meng-attach file saja tanpa ada tulisan lain di body email. Sebaiknya kalian harus membiasakan diri dengan menulis body email untuk memperkenalkan diri dan menginformasikan bahwa tujuan kalian mengirim email ini adalah untuk melamar kerja.
3. Lamarlah sesuai dengan posisi yang dicari
ketika melihat lowongan pekerjaan, sebaiknya perhatikanlah baik-baik posisi apa yang sedang dibutuhkan perusahaan. Kirimkanlah lowongan sesuai dengan posisi yang dicari perusahaan. Logikanya simple saja, bagaimana perusahaan akan menghubungi kalian jika posisi yang dilamar sedang tidak dibutuhkan atau tidak sesuai dengan kriteria?
4. Gunakan Font simple agar mudah dibaca
ketika mengetik surat lamaran, dari berbagai font yang ada, sebaiknya gunakan tulisan dengan font yang sederhana dan rapi agar tidak menyulitkan pembaca. Font simple yang dimaksud bisa seperti Arial, atau Times New Roman, intinya jangan sampai membuat pembaca pusing membaca emailmu.
5. Gunakan bahasa formal dan jangan disingkat-singkat
Selain penulisan yang rapi dan mudah untuk dibaca, kalian sebagai pelamar kerja juga sebaiknya menggunakan bahasa formal dan jangan disingkat-singkat. Membuat kesan pertama yang profesional sangat penting bagi kalian, ingat bisa saja perusahaan menilai karaktermu lewat bahasa yang kalian gunakan dalam lamaran kerjamu.
6. Jangan sampai ada kesalahan penulisan
Bagaimana perusahaan akan menganggap kalian serius bekerja jika surat lamaran yang kalian buat saja masih terdapat banyak kesalahan penulisan. Sebelum mengirimkan surat lamaran, ada baiknya kalian cek ulang kembali apakah ada typo didalam email kalian, supaya meminimalisir kesalahan yang terjadi.
7. Jangan Mengirim email ke banyak perusahaan sekaligus
Hal terakhir yang perlu kalian lakukan adalah, jangan mengirim email ke banyak perusahaan sekaligus, melainkan satu per satu untuk setiap perusahaan.
Penerima email bisa saja mengetahui kalian telah melamar kerja di mana saja dari email yang telah kalian kirim. Jadi mulai sekarang jangan malas untuk mengirim email satu per satu jika akan melamar kerja ke banyak perusahaan.