Hal-Hal yang Harus Dimiliki Seorang Front Office Handal

Industri perhotelan merupakan salah satu industri yang paling diminati di bali. Mengingat bahwa bali sendiri merupakan salah satu destinasi wisata dunia, membuat industri perhotelan berkembang sangat pesat. Perkembangan yang pesat ini menyebabkan banyaknya lapangan pekerjaan dalam bidang perhotelan, entah itu dibidang F&B, Housekeeping, bahkan Front Office.

Profesi Front Office pun menjadi salah satu posisi yang sangat penting didalam sebuah hotel. Selain itu intensitas kerja yang cepat dan dinamis menuntut posisi ini untuk bisa menyesuaikan diri. Berikut ini merupakan hal-hal yang harus dimiliki oleh seorang front office yang handal.

 

1. Sikap Ramah

Hal pertama yang harus dimiliki seorang front office yang handal adalah sikap yang ramah. Karena berkaitan dengan service dan hospitality, produk yang diberikan bukanlah dalam bentuk fisik, namun lebih kepada service kalian. Kemampuan untuk bersikap ramah merupakan tuntutan utama bagi seorang front office. Dengan sikap ramah dan friendly, kalian dapat menciptakan suasana nyaman untuk para customer. Mereka akan merasa senang dengan service yang diberikan.

Bukan hanya dari sikap saja suatu keramahan bisa dinilai. Namun, ketika kalian berkomunikasi lewat telepon bahkan lewat email, keramahan kalian pun bisa dinilai. Milikilah sikap yang ramah sehingga kalian bisa memberikan service yang baik.

 

2. Kemampuan komunikasi yang baik

Selain ramah, seorang front office yang handal harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi yang baik bisa berupa kemampuan berbahasa asing dan kemampuan untuk menyampaikan dan menangkap apa maksud yang ingin customer sampaikan.

Kemampuan bahasa yang baik memungkinkan seorang front office untuk mampu menangkap inti dari sebuah pembicaraan. Selain itu mereka juga bisa menyampaikan kepada customer sehingga mereka mendapatkan informasi yang tepat.

 

3. Menguasai produk hotel

Sebagai seorang front office, tidak hanya kemampuan komunikasi saja yang diperlukan, penguasaan mengenai produk yang hotel sediakan merupakan satu hal lagi yang diperlukan untuk menjadi front office yang handal. Produk hotel yang dimaksud bisa berupa harga per kamar, fasilitas hotel, bahkan promo yang sedang berlangsung.

Dengan mengetahui segala sesuatu mengenai produk hotel, kalian akan lebih mudah menyampaikan dan menerangkan kepada tamu apabila mereka bertanya, hal ini akan memudahkan konsumen dalam hal memperoleh informasi. Sehingga meminimalisir adanya miskomunikasi yang sering terjadi. Dan tentunya, kalian akan mampu memberikan service secara excellent.

 

4. Berpenampilan bersih dan rapi

Hal lainnya yang harus dimiliki seorang front office yang handal adalah kemampuan untuk berpenampilan bersih dan rapi. Berpenampilan yang rapi adalah sesuatu yang sangat penting bagi seorang front office.

Dengan memiliki penampilan yang bersih dan rapi kalian akan memberikan kesan pertama yang baik bagi customer kalian. Kesan baik ini bisa berarti hotel yang mereka tempati merupakan hotel berkelas, karena bisa dilihat dari penampilan pegawainya yang bersih dan rapi, jauh dari kesan urakan.

Memang terkesan sepele, namun seseorang atau bahkan tempat kerja mereka bisa diniai dari bagaimana pegawainya berpenampilan. Jadi ketika kalian ingin menjadi front office, selalu perhatikan penampilan kalian.

5. Willing to Service

willing to service disini bisa diartikan sebagai kemauan untuk melayani. Bagi seluruh pelaku indutri hospitality, memberi service yang baik merupakan sebuah kewajiban utama. Karena dengan service yang baik, profit yang akan diterima akan semakin meningkat dalam jangka waktu yang panjang.

Seorang front office yang baik harus mempunyai mentalitas ini. Dengan adanya kemauan pasti akan ada inisiatif untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin. Sehingga pelayanan yang dilakukan akan menjadi sesuatu yang terbaik yang bisa tamu terima. Dan hal ini akan berdampak baik untuk tempat kerja kalian nanti.

Lamar Kerja, Tips