Etika Ketika Ingin Mengajukan Resign
Mengundurkan diri dari sebuah perusahaan merupakan sebuah hal yang biasa terjadi di dalam dunia kerja. apakah itu karena faktor internal ataupun dari eksternal, yang jelas mengundurkan diri adalah hak yang dimiliki oleh setiap karyawan.
Walaupun demikian, kalian sebagai karyawan juga tidak boleh seenaknya keluar dan meninggalkan posisimu begitu saja. Kalian tetap harus menjaga etika dan sopan santun ketika ingin berhenti dari pekerjaanmu.
Ingin tahu etika apa saja yang harus diperhatikan ketika kalian ingin resign dari tempat kerja? Berikut ulasannya
1. Pilih waktu yang tepat
Memilih waktu yang tepat menjadi salah satu hal yang harus kalian perhatikan. Sebisa mungkin kalian harus bisa melihat situasi dan suasana hati yang sedang dirasakan oleh atasanmu. Kalian hanya akan dianggap mengganggu jika mencoba berbicara ketika boss kalian sedang memiliki banyak pikiran ataupun pekerjaan.
2. Jelaskan alasanmu untuk resign
Ketika nantinya atasan kalian bertanya apa alasan kalian untuk resign, maka kalian harus bisa memberikan alasan dengan jelas dan meyakinkan. Pilihlah alasan yang memang dirasa pantas, dan tidak terkesan menjelek-jelekkan nama perusahaan dan juga sistem manajemen kerja mereka.
3. Ikuti prosedur yang berlaku
Setiap perusahaan memiliki prosedur resign yang harus ditaati oleh para pekerjanya yang ingin mengundurkan diri. Contohnya seperti melengkapi berkas-berkas, atau hanya sekedar mengembalikan alat-alat atau fasilitias kantor. Pastikan untuk mengikuti prosedur tersebut dan tidak ada yang terlupa sehingga nantinya tidak akan menimbulkan masalah kedepannya.
4. Selesaikan semua tugasmu
Penting bagi kalian untuk dapat menyelesaikan semua tugas yang sedang kalian kerjakan sebelum meninggalkan perusahaan. Kalian harus tetap menunjukkan profesionalitasmu sebagai seorang pekerja, dan tetap menjaga kepercayaan serta nama baik kalian di perusahaan tersebut.
5. Ingatlah pamit
Ketika atasan kalian sudah menyetujui keputusanmu untuk resign, selanjutnya adalah jangan lupa berpamitan dengan semua staff kantor yang sudah bekerjasama dengan kalian. Ucapkan maaf dan terimakasih atas semua bantuan dan kerja keras selama ini. Satu hal lagi, jangan lupa untuk berpamitan kepada klien juga, agar nantinya mereka tetap bisa melanjutkan kerja sama di perusahaan tersebut dengan orang yang akan menggantikan posisi kalian.
Itu tadi 5 etika yang harus kalian perhatikan ketika ingin mengundurkan diri dari pekerjaanmu. Meski sudah keluar dari perusahaan, kalian tetap harus keluar dengan cara yang terhormat dan selalu menjaga nama baik, Cheers!