Tips Mengatasi Kebosanan Ketika di Kantor

Saat memasuki dunia kerja, ada saja momen dimana rasa bosan mulai melanda. Rasanya malas banget untuk menyelesaikan pekerjaan, padahal deadline sudah makin dekat. Ingin sekali ambil cuti, tapi cuti untuk tahun ini sudah menipis dan sayang sekali kalau dipakai. Dan bahkan terkadang  ada pikiran mau resign, tapi rasa malu dengan diri sendiri yang mencegahmu untuk melakukannya.

Berikut ini hal-hal yang bisa kalian coba untuk meredakan kebosanan ketika bekerja. Beberapa di antaranya bisa dilakukan saat hari kerja. Jadi kalian tidak perlu menghabiskan cuti untuk menyelamatkan diri dari kebosanan

1. Mendengarkan lagu-lagu favorit

Ketika kalian akan melakukan pekerjaan, coba untuk mendengarkan lagu-lagu kesukaanmu. Nggak perlu lama-lama, cukup 2 sampai 3 lagu aja asalkan kalian menikmati setiap lirik yang ada di lagu itu. Pilihlah lagu yang nge-beat, dengan iramanya yang sedikit menghentak itu akan membuat semangatmu naik lagi. Ketika semangat sudah naik lagi, rasa bosan akan pekerjaan akan perlahan mulai hilang.

 

2. Menata meja kerja

Meja kerja yang biasa aja mungkin bisa jadi salah satu penyebab kalian merasa bosan dalam bekerja. Kalian bisa mencoba menata ulang meja kerjamu di kantor supaya lebih berwarna dan enak dipandang. Post-it berwarna dan pernak-pernik dapat menjadi pilihan. Tapi, jangan sampai terlalu banyak dalam memberi “warna” pada meja kerjamu. Bisa-bisa malah kalian sulit fokus untuk bekerja karena meja kalian terlalu meriah, cukup di tata hingga mendapatkan suasana baru saja.

 

3. Ngobrol dengan teman sekantor

Kalo merasa bosan, kadang mengobrol dengan teman sekantor bisa dijadikan pilihan untuk meredakan. Siapa tahu ada dari mereka yang dulu pernah mengalami hal yang sama. Selain berbagi cerita, kamu juga bisa memanfaatkan jokes receh mereka. Jokes receh yang mereka lontarkan saat makan siang bisa kamu jadikan hiburan.

 

4. Manfaatkan jam istirahat

Kalian dapat memanfaatkan istirahat makan siang untuk menghilangkan kebosananmu pada pekerjaan. Contohnya seperti pergi ke coffee shop terdekat. Atau jika kantormu dekat dengan pusat perbelanjaan, kalian bisa pergi hanya untuk cuci mata saja. Tapi ingat, kalian juga harus pintar mengatur waktu, mengingat waktu istirahat yang terbatas.

 

5. Ngobrol dengan orang terdekat

Selain ngobrol dengan teman sekantor, kalian juga bisa berbagi dengan orang-orang terdekatmu. Seperti orangtua, pacar atau mungkin sahabat. Mungkin saja salah satu dari mereka pernah mengalami hal yang sama, dan dari pengalaman itu mereka bisa memberikan saran-saran yang bisa membantumu.

 

6. Ingat perjuanganmu sebelumnya

ketika kalian bosan dengan pekerjaanmu, kadang kalian perlu untuk flashback ke masa-masa awal kalian mencari kerja. Bagaimana rasanya berjuang dengan banyak orang untuk mendapatkan posisi kalian saat ini. Hal ini membuatmu kembali bersemangat dan enggan untuk meninggalkan pekerjaan. Dari sana juga kalian akan bisa semakin bersyukur karena sudah ada di posisi ini dan tidak pusing lagi karena harus sibuk dalam mencari kerja.

Bosan saat bekerja adalah hal yang lumrah yang pastinya setiap orang pernah merasakannya. Hal-hal di atas bisa kalian coba untuk mendapatkan kembali semangat dalam bekerja. Good luck, Cheers!

Tips

Tinggalkan Balasan