Cara Cepat Beradaptasi di Kantor Bagi Pegawai Baru

Ketika kalian masuk di hari pertama kerja hampir semua dari kita merasakan deg-degan dan sedikit cemas. Bahkan terkadang kita merasa grogi karena belum mengetahui suasana di dalam kantor yang baru.

Berikut beberapa tips bagi kalian yang akan memulai kerja di tempat yang baru :

1. Perkenalkan dirimu.

Sebagai orang baru yang masuk dalam perusahaan, tentu kalian akan diminta untuk melakukan perkenalan. Tentu saja di hari pertama yang baru kalian kenal adalah HRD, Nantinya HRD akan memperkenalkan tempat-tempat yang ada dikantor, rekan kerja dan memberikan deskripsi mengenai apa yang akan kalian kerjakan. Mengenalkan diri dengan orang-orang di sekitar tempat bekerja dengan ramah dan berikan senyuman adalah tahap awal yang menjadi prioritas mu.

 

2. Inisiatif untuk menjalin pertemanan.

Cobalah untuk memulai duluan apabila kaliam ingin mengenal dan dikenal oleh rekan kerja, karena diam saja menunggu di ajak bicara bukan merupakan pilihan yang tepat. Kalian dapat mempersiapkan dahulu sebelum memulai obrolan, seperti dengan mencari bahan-bahan obrolan yang  nantinya bisa digunakan untuk membangun hubungan pertemanan baru.

 

3. Bersikap tenang dan tidak berlebihan.

Terkadang cara bersikap dapat menjadi hal utama yang disorot oleh orang – orang sekitar tempat kerja. Jika kalian bersikap berlebihan, tentu saja hal ini akan menjadi bahan omongan jika memang hal yang dilakukan atau dibicarakan tidak bisa diterima oleh orang – orang yang ada di sekitar tempat kerjamu.

Selama bulan pertama bekerja, lebih baik kalian mengamati sekitar daripada menunjukan antusiasme. Daripada terus berbicara, lebih baik  kalian menunjukan profesionalitas dalam bekerja. Selesaikan pekerjaan kalian sebaik mungkin, berkualitas dan selesaikanlah dengan tepat waktu.

 

4. Jangan malu untuk bertanya.

Sebagai orang baru dikantor, menjadi hal yang wajar ketika kalian bertanya mengenai berbagai hal yang ada di kantor. Namun perlu diingat. tanyakan saja hal hal yang wajar untuk ditanya. Jangan terlalu banyak bertanya, apalagi menanyakan hal hal yang menyangkut personal orang lain, kalian tidak mau dicap sebagai orang yang kepo kan?

 

Nah berikut merupakan 4 hal yang bisa kalian lakukan ketika memulai proses adaptasi di tempat kerja baru. Semoga bermanfaat, Cheers!


Tips