8 Pertanyaan “BIG NO” untuk Ditanyakan Saat Interview
Banyak dari kita mungkin menganggap wawancara kerja sebagai seseuatu yang menyeramkan. Mungkin salah satu alasannya karena nantinya kita akan berhadapan langsung dengan calon atasan. Belum lagi, saat wawancara  nanti kita nggak akan tahu pertanyaan apa saja yang mungkin dilontarkan.
Namun sangat disayangkan, karena tidak tahu dan tidak berusaha untuk mencari tahu, kadang kadang ada saja yang menanyakan beberapa hal yang sebenarnya “kurang tepat” untuk ditanyakan ketika sesi wawancara. Jadi, untuk kalian yang saat ini sedang mencari pekerjaan, coba hindari pertanyaan-pertanyaan berikut ini ;
1. “Perusahaan ini ngapain aja, sih?‚Äù
Ketika kalian memutuskan untuk melamar ke sebuah perusahaan, tentu saja kalian pasti berusaha untuk mencari tahu tentang perusahaan tersebut, seperti bergerak di bidang apa, bagaimana sistem kerjanya, dan mengerjakan apa saja. Namun ketika kalian melontarkan pertanyaan tersebut sama saja kalian menjatuhkan kredibilitas kalian di hadapan interviewer. Mereka pun pasti meragukan keseriusan kalian dalam memasukan lamaran ke dalam perusahaannya.
2. “Berapa Gaji saya ya?”
Wajar saja ketika kalian memang penasaran dengan gaji yang didapat jika nantinya kalian menempati posisi yang ditawarkan, Namun, pertanyaan seperti ini akan memberi kesan bahwa kalian bekerja hanya untuk mengejar uang saja. Bukannya mendapatkan jawaban yang diinginkan, interviewer malah akan bertanya balik berapa gaji yang kalian inginkan? Untuk masalah gaji, baiknya bisa dibicarakan ketika kalian sudah memegang surat kontrak untuk ditanda tangani. Bahkan kalian juga bisa mendapatkan informasi yang lebih sebut saja tunjangan kesehatan, kompensasi, dan lainnya.
3. “Istirahatnya berapa lama?‚Äù
Untuk jam kerja sendiri, tentu saja akan dijabarkan ketika kalian sudah mendapatkan pekerjaan ini. Sepertinya kurang pantas jika masih dalam tahap interview, kalian malah menanyakan waktu istirahat yang akan didapat nanti. Nah, interviewer bisa saja menilai kalian sebagai pekerja yang kurang tangguh yang sedikit-sedikit butuh istirahat.
4. “Kira-kira, kapan saja saya bisa mengambil waktu cuti?”
Seluruh karyawan memiliki hak yaitu untuk mengambil Cuti. Tapi, sangat tidak dianjurkan ketika kalian menanyakan ini ketika sedang wawancara kerja. Padahal kalian belum tentu lolos, dan kalian sudah bertanya kapan waktu cuti bisa diambil. Perusahaan akan mengira kalian bukan pekerja keras.
5. “Berapa lama rentan waktu untuk mendapat promosi?”
Promosi bisa didapatkan ketika kinerja kalian dinilai bagus oleh perusahaan. Jadi, pertanyaan berapa lama waktu yang dihabiskan untuk bisa mendapatkan promosi jabatan sepertinya bukaknlan sebuah pertanyaan yang tepat untuk dilontarkan ketika wawancara berlangsung. Fokus saja untuk memberikan kinerja terbaikmu, jika memang dinilai bagus, jabatan yang lebih tinggi tentu saja akan kalian dapatkan.
6. “Apakah saya dapat ruangan sendiri?”
Pertanyaan seperti ini akan menimbulkan kesan bahwa kalian seseorang yang eksklusif. Kalian membuat imej bahwa kalian merupakan indivdu yang tidak dapat bekerja jika ruangan tidak disendirikan, dan orang yang individualis.
7. “Boleh nggak kerja dari rumah?”
Ingat! masalah waktu kerja seperti ini, bisa kalian dapatkan informasinya ketika kalian sudah mendapatkan posisi ini. Pada waktu kalian akan menandatangani kontrak, segala hal yang berkaitan dengan waktu kerja dapat kalian peroleh informasinya dari sana.
8. “Kenapa begini? kenapa begitu? Mengapa?‚Äù
Pertanyaan yang diawali dengan kata “mengapa” menjadi sebuah pertanyaan yang memiliki kesan menuduh dan memberikan kesan kurang setuju dengan sesuatu yang sedang dibicarakan. Hal ini bisa membuat kalian dinilai sebagai sebuah ancaman dan bahkan sebagai public enemy.
Wawancara kerja mungkin bisa dikatakan sebagai ajang untuk menujukan diri anda, sehingga meninggalkan kesan yang baik. Jangan sampai imej kalian dilihat buruk karena hal sepele serti melontarkan pertanyaan-pertanyaan kurang tepat yang akhirnya malah membuat interviewer mencoret nama kalian dari list calon karyawan yang lolos ke tahap selanjutnya.  Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari kerja, Cheers!