Tipe Interview Kerja dan Tips Agar Maksimal Ketika Interview
Interview adalah salah satu yang paling vital ketika proses melamar pekerjaan apalagi jika kamu adalah seorang fresh graduate yang baru lulus dan masih sangat awam mengenai dunia kerja. Sebelum interview, kamu wajib tahu nih kalau ada 2 Tipe interview kerja yang biasanya ditemui agar kamu bisa siap mental serta admin berikan tipsnya juga agar kamu makin siap lagi ketika interview.
1. Interview 1 to 1
Tipe interview yang ini paling sering terjadi dan paling awam. Interview ini biasanya terjadi antara pihak perusahaan, dalam hal ini diwakilkan oleh HRD yang melakukan interview ke seorang pelamar.
Contoh-contoh pertanyaan yang sering diajukan:
Coba ceritakan mengenai diri Anda.
Mengapa Anda menginginkan pekerjaan ini?
Tips Interview 1 to 1:
Pelajari apa yang kemungkinan ditanyakan dan berlatih dengan teman agar ketika interview berjalan lancar. Ingat kamu harus mengetahui apa kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki sehingga ketika di interview nanti kamu dengan mudahnya menjawab pertanyaan tersebut.
2. Interview Kelompok
Tipe interview ini sangat kontras berbeda dengan tipe interview 1 to 1. Ketika di interview biasanya kamu akan dikumpulkan dengan kandidat lainnya di dalam satu ruangan tertentu, tak jarang biasanya juga yang interview kamu bukan hanya HRD, tapi juga ada beberapa perwakilan perusahaan lain yang ditugaskan. Tipe interview ini membuat perusahaan melihat kelebihan masing-masing dari pelamar dan bagaimana para pelamar ini bekerja dalam team.
Contoh pertanyaan yang sering digunakan:
Apa kelebihan anda yang membuat Anda berbeda dari kandidat yang lain?
Kira-kira apa posisi yang cocok untuk Anda saat berada dalam kelompok ini?
Tip interview:
Tunjukan bahwa kamu adalah bagian dari kelompok dan menjadi pelamar yang aktif terhadap seluruh pertanyaan yang ditanyakan didalam kelompok karena semua itu adalah bagian dari tes yang dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan akan melihat bagaimana kamu memecahkan sebuah masalah saat bekerja dalam kelompok, jadilah pribadi yang aktif dan tunjukan pada mereka apa yang kamu miliki.