4 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Melaksanakan Interview

1. Riset Perusahaan

Sebelum interview, pastikan kamu sudah melakukan riset tentang perusahaan yang dituju atau diapply, mulai dari struktur organisasi, visi dan misi, produk atau jasa yang dijual, hingga siapa yang akan menginterview kamu.

2. Pahami Posisi Pekerjaan

Kamu harus memahami apa saja yang menjadi tugas dan tanggung jawabmu selama bekerja di posisi yang kamu apply. Pelajari selengkapnya, cari tahu sebanyak mungkin. Jangan sampai kamu salah saat melaksanakan interview nanti.

3. Latihan Berbicara

Terkadang ketika kita belum terbiasa berbicara di depan HRD, kamu bisa saja gugup. Kalau kamu gugup, kamu akan cenderung tidak fokus terhadap apa yang ditanyakan dan apa jawaban yang ingin kamu berikan. itulah mengapa kamu perlu latihan berbicara, minta pendapat orang lain, sampai kamu merasa percaya diri saat interview.

4. Perhatikan Bahasa Tubuh

Pastikan bahasa tubuhmu tidak negatif. Tunjukkan kalau kamu memang tertarik dan antusias dalam interview. Merasa enjoy, percaya diri, namun tidak sombong. Hindari bahasa tubuh yang menandakan bahwa kamu bosan, karena itu akan menjadi penilaian buruk di mata HRD.

Interview / Wawancara