image

10 Softskill Yang Perlu Kamu Miliki Di Tahun 2021, Agar Mudah Mendapatkan Kerja

Tinggal sebulan lagi kita akan meninggalkan tahun 2020. Walaupun tahun ini berat, namun jangan sampai kamu patah semangat dalam mencari kerja.

Untuk itu, miliki 10 softskill ini agar kamu bisa bersaing ditahun 2021 mendatang.

Critical Thinking

Critical Thinking tidaklah mudah. Anda harus bisa memandang sebuah masalah secara keseluruhan, bukan bagian kecil yang terlihat.

Walau terdengar tidak gampang namun skill ini wajib Anda miliki untuk bisa eksis di dunia yang makin kompetitif ini.

Complex Problem Solving

Untuk bisa mendapatkan skill ini, maka satu-satunya jalan adalah dengan menghadapi semua masalah yang ada, bukan menghindar. Karena hanya dengan itu keterampilan kita menyelesaikan problem menjadi makin terasah.

Complex problem solving juga menjadi salah satu kunci kesuksesan bagi siapa saja dan dimana saja karena hal ini menuntut seseorang untuk berpikir secara lebih dalam namun cepat. Bijak namun efektif

Creativity

Creativity mutlak harus dimiliki. Namun pertanyaan klasiknya, apakah seseorang memiliki jiwa kreatif sebagai sebuah hadiah atau hal ini bisa dipelajari?

Dalam dunia yang makin kompetitif, Anda dituntut untuk senantiasa kreatif. Asahlah diri agar dapat memaksimalkan semua potensi serta kembangkanlah semangat ingin tahu yang besar. Dua hal itu dipercaya dapat meningkatkan kreatifitas dengan lebih baik.

Cognitive Flexibility

Ini adalah salah satu skill utama yang harus dimiliki setiap orang untuk bisa bersaing setidaknya di tahun 2021. Cognitive Flexibility mencakup kreatifitas, kemampuan berpikir logis dan kepekaan terhadap masalah berbagai masalah yang harus dihadapi.

Emotional Intelligence

Memiliki pengetahuan yang bersifat koginitif maupun teoritik sangatlah penting, namun mempunyai keterampilan dala mengolah emosi juga tidak boleh disepelekan.

Coordinating with Others

Bukan sekedar bekerja sama, coordinating with others juga termasuk berkolaborasi dengan sesama maupun anggota tim lain, memahami karakter orang lain dan juga memiliki visi yang jelas untuk bersama-sama menuju tujuan.

People Management

Jika Anda menganggap bahwa hanya HRD, supervisor dan manajer yang harus memiliki skill ini, maka salah besar.

People management wajib dimiliki siapa saja yang ingin eksis di tengah kompetisi yang makin ketat ini. Skill ini termasuk kemampuan memotivasi orang lain, membangun tanlenta dan passion rekan kerja.

Judgement and Decision Making

Semua orang adalah pengambil keputusan, setidaknya bagi dirinya sendiri. Namun dalam menentukan sebuah langkah kebijakan, ada variebal dan keterampilan yang harus dikuasai. Itulah judgement dan decision making yang oleh word economic forum dijadikan salah satu dari sepuluh skill utama di tahun 2021.

Service Orientation

Sudah bukan jamannya lagi perusahaan bisa mempermainkan kostumer. Kini dunia sudah berubah dan pelanggan ataupun klien benar-benar adalah seorang maharaja.

Lalu bagaimana Anda bisa memenangkan para klien Anda? Tidak bisa tidak selain dengan pelayanan maksimal. Inilah salah satu dari top ten skill pada tahun 2021 yang harus dikuasai, service orientation.

Negotiation

Negotiation di sini adalah kemampuan untuk mempertemukan beberapa keinginan dan kemudian bersama-sama mencari keputusan yang paling memuaskan semua pihak.

Yuk bagikan

tinggalkan komentar kamu


Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sedang Upload